Berita Utama

BUPATI SIKKA MINTA SELURUH WARGA JADI JURU PEMANTAU NYAMUK

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

SERAHKAN BANTUAN LOTION ANTI NYAMUK

Maumere-Metrotimor.com- Maraknya wabah DBD (Demam Berdarah Dengue) di Kabupaten Sikka saat ini banyak menyita perhatian seluruh komponen masyarakat terhadap cara penanggulangan dan penyebaran wabah DBD ini. Dalam situasi dan kondisi KLB saat ini Pemerintah Kabupaten Sikka semakin gencar melakukan aksi dalam rangka memberantas wabah penyakit demam berdarah ini. Hal ini dapat ditunjukkan dengan kunjungan kerja Bupati Sikka bersama Tim Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka, Rabu, 04/03/2020 di SDK Bhaktyarsa Maumere dalam acara penyerahan Bantuan lotion anti nyamuk. Sebelum penyerahan bantuan tersebut, Tim dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka memberikan sosialisasi tentang penyakit DBD dan penyebarannya bagi peserta didik di sekolah tersebut. Dalam sosialisasi tersebut menjelaskan bahwa langkah yang paling efektif dalam memberantas tersebarnya DBD adalah dengan melakukan gerakan 4M Plus. Salah satunya dengan membagikan lotion anti nyamuk berupa Autan.
Dalam sambutannya Kepala SDK Bhaktyarsa Maumere Sr. Yuliana Nina,SSpS.,S.Pd.SD menyampaikan ucapan terimakasih atas kunjungan Bupati Sikka bersama tim dalam acara penyerahan bantuan lotion anti nyamuk. Lebih lanjut Suster Yuliana Nina, SSpS mengakui terus terang bahwa selama ini ketika memasuki musim hujan kami selalu mengalami kecemasan dan mulai takut dengan DBD karena hampir setiap tahun selalu dari SD Bhaktyarsa juga ada yang kena DBD. Dalam tahun ini menurut pantauan kami dari pihak sekolah ada beberapa anak yang sempat masuk rumah sakit sekitar 2 atau 3 siswa, sedangkan yang lainnya tidak terdeteksi adanya DBD. Dengan demikian kami sudah mengingatkan kepada anak-anak tentang pentingnya kebersihan dalam kesehatan, tegas Suster Yuli.
Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo, S.Sos.,M.Si dalam arahannya menyampaikan himbaunnya untuk secara bersama-sama mengatasi maraknya wabah penyakit DBD di Kabupaten Sikka termasuk di sekolah-sekolah. Kabupaten Sikka sedang dilanda wabah DBD dan itu selalu ada setiap tahun khususnya memasuki musim hujan sampai dengan berakhirnya musim hujan. Terhadap situasi ini kita harus selalu waspada karena penyakit ini sangat berbahaya karena dalam 6 hari kalau kita tidak peduli atau kita tidak mengetahui terkena DBD itu bisa menyebabkan kematian, ungkap Robi Idong yang juga adalah alumni SDK Bhaktyarsa ini.
Lebih lanjut dalam arahannya, Bupati Sikka mengajak semua siswa dan guru-guru di SDK Bhaktyarsa untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan kita demi memberantas sarang-sarang nyamuk dan meminta agar tim JUMANTIK (Juru Pemantau Jentik) untuk bertugas sepanjang tahun dengan cara menghilangkan wadah atau air yang menjadi tempat nyamuk itu bertelur. Langkah ini merupakan cara pencegahan yang paling baik. Kita harus membasmi sarang-sarang nyamuk beserta nyamuknya. Karena kalau nyamuk itu masih ada berarti DBD itu masih ada, ungkap Bupati Robi.
Tahun ini adalah tahun dimana kita melakukan gerakan massal artinya di seluruh wilayah Kabupaten Sikka kita perlu melakukan gerakan membasmi sarang-sarang nyamuk beserta jentik-jentiknya, sehingga nanti mulai hari Jumat akan menggelar apel sebagai dimulainya kita seluruh masyarakat Sikka baik anak sekolah sampai orang-orang tua dalam 14 hari kita basmi semua srang-sarang nyamuk yang ada di wilayah Kabupaten Sikka. Terhadap gerakan ini Bupati Sikka akan mengeluarkan Instruksi yang dimulai dari jam 7.00 wita sampai dengan jam 9.00 wita. Sesuai arahan teknis dari Menteri Kesehatan RI selama 14 hari. Ini bisa dipastikan kasus DBD akan berkurang, untuk itu kita harus bekerja mulai dari sekarang. Kita akan bangun sistim di setiap sekolah harus ada juru pemantau, demikian jelas Bupati Sikka.
Acara penyerahan bantuan lotion anti nyamuk berupa Autan di SDK Bhaktyarsa ini diserahkan secara simbolis oleh Bupati Sikka kepada 3 siswa sebagai perwakilan dari seluruh siswa di SDK Bhaktyarsa Maumere. Hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka Pet Herlemus dan sejumlah pejabat Pemkab Sikka. (Fransdh).

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terkini

To Top