Humaniora

BUKA RAKOR SENSUS PENDUDUK 2020 BUPATI SIKKA AKUI DATA KESEJAHTERAAN SOSIAL MASIH AMBURADUL

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

 

MAUMERE- Metrotimor.com–Badan Pusat Statistik (BPS) akan melaksanakan sensus penduduk 2020. Sensus penduduk tahun 2020 merupakan kegiatan nasional untuk memperoleh data dasar kependudukan yang sangat strategis dan dalam penyusunan rencana dan evaluasi pembangunan sampai wilayah administrasi terkecil.

Sensus penduduk 2020 menggunakan metode kombinasi dengan cara memadukan penggunaan data registrasi kependudukan dan pencatatan dengan tujuan mewujudkan satu data kependudukan.

Dengan demikian akan meningkatkan, tidak hanya akurasi dan cakupan data hasil SP 2020 namun juga data administrasi kependudukan yang dihasilkan Kementerian Dalam Negeri.

Sensus penduduk akan dilaksanakan 2 tahap yakni Sensus Penduduk online yang sudah dimulai dari tanggal 15 Februari 2020 sampai tanggal 31 Maret 2020 dan sensus penduduk wawancara tanggal 1 sampai 31 Juli 2020. Demi keberhasilan Sensus Penduduk 2020 di Nian Tana Sikka perlu diadakan Rapat Koordinasi Sensus Penduduk 2020 Tingkat Kabupaten Sikka. Hal ini disampaikan Fransiskus Xaverius Soba selaku Ketua Panitia saat acara pembukaan Rapat Koordinasi Sensus Penduduk 2020 Tingkat Kabupaten Sikka Rabu, 26/02/2020 di Hotel Silvia Maumere.

Dalam sambutannya, Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo,S.Sos.,M.Si ketika membuka Rapat Koordinasi Sensus Penduduk tahun 2020 di hotel silvia Rabu 26/02/2020 mengatakan harta kekayaan yang paling berharga dan mahal adalah rakyatnya yaitu penduduk. Karena dengan penduduk kita bisa melakukan semua hal. 90% penerimaan negara berasal dari rakyat yang dibayarkan dalam bentuk pajak. Untuk itu semua stakeholder diharapkan mampu memecahkan masalah-masalah dalam proses mencatat Indonesia dan mencatat Kabupaten Sikka secara utuh dan lengkap.

Waktu dan momentumnya hanya sekarang untuk kita jadikan data dasar kependudukan yang lengkap apalagi saat ini kita sedang menuju satu data, untuk itu kita mesti mencatat secara benar dan lengkap, jelas Robi.

Dengan mencatat secara benar dan lengkap kita dapat membangun daerah ini dengan betul-betul terinci sehingga aspek efisiensi, efektifitas itu bisa terwujud. Dalam beberapa kesempatan blusukan ke daerah-daerah di wilayah Kabupaten Sikka, saya cukup sedih karena data masih amburadul terutama data kesejahteraan sosial. Kita sangat tidak peduli dengan data semuanya hanya masa lalu yang dilewati saja. Tapi saat ini tidak bisa lagi nanti kita rugi besar. Karena kita sedang menjalankan Pemerintahan berbasis elektronik. Inilah momentum untuk kita bisa benahi data kependudukan, demikian tegas Bupati Sikka.

Sesepuh Kabupaten Sikka Drs. Daniel Woda Palle ketika dikonfirmasi awak media saat kegiatan Rakor tersebut mengatakan bahwa dimasanya dulu pendataan dilakukan secara manual namun dapat dilaksanakan dengan baik hal ini bisa dilakukan karena adanya semangat dan tekad untuk kerjasama dan semua elemen masyarakat harus terlibat secara baik.

Acara Pembukaan Rapat koordinasi sensus penduduk 2020 Rabu, 26/02/2020 diakhiri dengan penandatangan komitmen bersama dalam rangka menyukseskan Sensus Penduduk tahun 2020 di Kabupaten Sikka menuju satu data kependudukan Indonesia. Yang ikut dalam penandatanganan tersebut adalah Ida Bagus Wirawan Wakil Dandim Sikka, Muhammad Wahyuni Kepala Imigrasi Sikka, Adrianus F. Parera Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Sikka, Drs. Daniel Woda Palle sesepuh masyarakat masyarakat Sikka, Kepala BPS Sikka Ir. Mathias Tura Sabon dan Bupati Sikka. (F-Dh)

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terkini

To Top