Berita Utama

BNNK Rote Ndao, Siap Rehabilitasi Pecandu Narkoba

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

 

BA’A,METROTIMOR.com–Dengan sukarela melapor diri itu jauh lebih baik sebagai sebuah kesadaran demikian diungkapkan Kasie Rehabilitasi BNNK Rote Ndao Jordian Suki,S.Sos,Kamis 27 Februari 2020 kepada media ini via Wats APP

Menurutnya, Klinik Pratama BNNK Rote Ndao beralamat di Kompleks Perkantoran Bumi Tii Langga Permai Belakang Samsat Rote Ndao , siap menerima kunjungan atau kesukarelaan saudara yang melapor diri untuk diselamatkan dari kecanduan narkotika atau sebagai korban Penyalahgunaan Narkoba

Lebih lanjut kata dia,Sesuai dengan UU No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dalam Pasal 54 menyebutkan bahwa Pecandu dan korban Penyalahgunaan narkotika wajib direhabilitasi. Dengan dasar pemahaman tersebut Pemerintah perlu memfasilitasinya yang salah satunya menyediakan sarana dan prasarana sesuai dengan kebutuhan pecandu dan korban Penyalahgunaan narkotika , baik dalam tingkat penggunaannya maupun jenis Zat yang digunakan.

Rehabilitasi tersebut dibagi menjadi 2 yakni rehabilitasi medis yang relevan dengan tugas di Kementerian Kesehatan dan Rehabilitasi Sosial yang relevan dengan tugas Kementerian Sosial.

Namun demikian dalam penyelenggaraan pada praktiknya satu sama lainnya saling melengkapi, dimana penyelenggaraan rehabilitasi medis biasanya menerapkan pula intervensi psikososial, sementara rehabilitasi sosial seringkali membutuhkan rujukan medis.

Penyelenggaraan rehabilitasi bersifat komprehensif, terintegrasi yang sinergitas diantara pelaksana. Dengan konsep ini, maka penyelenggaraan tersebut dapat diintegrasikan pada layanan kesehatan atau sosial yang telah ada sebelumnya seperti Rumah Sakit, Klinik kesehatan dan atau yayasan yang terpanggil menyelamatkan masyarakat dari Bahaya narkotika.

Sebab disitulah terdapat sumber daya sarana dan prasarana serta (SDM) manusia yang mumpuni seperti dokter, perawat, psikolog, pekerja sosial, konselor, dan tenaga yg berilmu perilaku lainnya.

Dengan demikian, sangatlah tidak salah kalau Kementerian Kesehatan selalu mempercayai lembaga Rumah Sakit  yang memadai untuk bekerja juga sebagai institusi penerima Wajib lapor atau lembaga rehabilitasi, dan saya kira hati yang baik dengan senang memanfaatkan momentum ini untuk menyelamatkan masyarakat manakala membutuhkan pertolongan kemanusiaan keluar dari bahaya narkotika.
Lebih baik di Rehabilitasi dari pada masuk penjara kata Jodian dalam rilisnya yang diterima awak media.(Humas BNNK Rote)

.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terkini

To Top