Berita Utama

Wakil Bupati Saek Jadi Pimpin Upacara Hari Bakti PUPR ke-74

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

BA’A,METROTIMOR.com—Memperingati Hari Bakti Pekerjaan Umum ke-74, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rote Ndao beserta jajaran Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang  (PUPR) menggelar upacara bendera di halaman upacara kantor Bupati Rote Ndao, Selasa (3/12/2019).

Upacara tersebut dipimpin Wakil Bupati Rote Ndao Stefanus M Saek, dihadiri Forkopimda, para Asisten Sekda, pimpinan OPD, dan seluruh ASN di lingkup Pemkab Rote Ndao.

Perayaan Hari Bakti PUPR tahun 2019 mengusung tema nasional ‘Sigap Membangun Negeri untuk Indonesia Maju’ itu, dalam arahannya Wakil Bupati Saek mengutip sambutan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menyampaikan terimakasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya atas kinerja serta kerja keras seluruh pihak, mulai dari jajaran Kementerian PUPR, pemerintah daerah, BUMN, dan mitra swasta baik yang bergerak di bidang konsturksi maupun di bidang pembiayaan, untuk mencapai target pembangunan yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019.

Dikatakan, lima tahun terakhir ini kita telah melakukan percepatan pembangunan infrasturktur secara besar-besaran seperti jalan tol, bandara, pelabuhan untuk mendukung tol laut, pembangkit tenaga listrik  dan bendungan. Infrastruktur dasar pedesaan juga terus kita bangun seperti saluran air bersih, jalan-jalan desa, perbaikan saluran irigasi dan embung, yang tidak dilakukan hanya di Pulau Jawa saja tetapi ke seluruh Wilayah Indonesia terutama seluruh ke wilayah indonesia bagian timur, wilayah pedalaman, kawasan terisolir dan daerah perbatasan. Hal ini dilakukan tidak hanya untuk meningkatkan daya saing dan pertumbuhan ekonomi, tetapi sekaligus untuk mewujudkan rasa keadilan masyarakat serta memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.

“Pembanguan infrastruktur harus memiliki dampak signifikan bagi kesejahteraan masyarakat. Seluruh jajaran pemerintah dan mitra yang terlibat harus memastikan bahwa pembangunan infrastruktur fokus memberikan manfaat langsung bagi masyarakat, khususnya dalam menaikan kelas UMKM, pengembangan pariwisata, penciptaan lapangan kerja dan peningkatan ekspor,” katanya.

Khusus di Kabupaten Rote Ndao, kata Saek, saat ini kita telah memasuki usia yang ke-17 tahun. Selama sepuluh tahun terakhir infrastruktur yang telah terbangun di antaranya jalan hotmix 71,20 kilometer, jalan lapisan penetrasi (lapen) sepanjang 370,44 kilometer, jalan perkerasan 175,41 kilometer, jembatan 477 meter, embung 268 buah, bendung 13 buah, saluran irigasi 51.113,66 meter, bantuan septik tank untuk indifidu 4.231 unit, bantuan perumahan 1.478 unit, dan bantuan air minum berupa sambungan rumah 1.463 SR. Berbagai capaian pembangunan di Bidang PUPR, kata dia, telah dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh seluruh lapisan masyarakat dan banyak mendapat apresiasi dari masyarakat. Namun, hal ini jangan menjadikan kita berpuas diri, tetapi justru lebih berhati-hati dan bertanggung jawab atas setiap kebijakan dan langkah kita.

“Terobosan baru dan lompatan perlu terus dilakukan agar mampu bersaing dengan daerah-daerah lain. Ide-ide kreatif dan inovatif harus dapat diimplementasikan dalam setiap gerak langkah kita. Menurut Saek, percepatan pembangunan infrastruktur hanya dapat dilakukan dengan dukungan hasil riset dan teknologi modern, sehingga dihasilkan infrastruktur yang lebih berkualitas, lebih cepat, dan lebih murah. Infrastruktur yang dibangun tidak lagi hanya sekadar untuk memenuhi kebutuhan dasar, namun harus ditujukan untuk mendorong peningkatan daya saing bangsa dan masyarakat.

“Untuk itu, semua pelaksanaan yang didasarkan atas proses pemrograman yang terencana dengan baik karena pemerataan pembangunan tidak dapat dilaksanakan secara sekaligus karena hanya akan membangun infrastruktur yang kecil-kecil, yang tersebar, dan tidak saling bersinergi, sehingga tidak memberikan dampak yang signifikan,” katanya.

Akhirnya, Wabup Saek mengajak seluruh jajaran PUPR untuk fokus  menyelesaiakan pekerjaan yang sudah diprogramkan dan menjadi komitmen untuk mencapai progres yang ditetapkan, tetap menjaga keselamatan, keamanan, kualitas, dan hasil pekerjaan.  Selalu meningkatkan kompetensi dan menjaga integritas, berlaku jujur, konsisten dan tegas melaksanakan aturan.

“Saya berharap sebagai insan PUPR kita harus menanamkan dalam diri kita sikap bekerja keras, cerdas, iklas, sigap, cermat, sehingga hasil karya kita dapat bermanfaat bagi masyarakat,” imbuhnya. (MTC01)

 

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terkini

To Top