Berita Utama

BPBD Gelar Sosialisasi Pengurangan Resiko Bencana

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

HELEBEIK,METROTIMOR.com–Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rote Ndao melaksanakan Sosialisasi, Gladi, dan Simulasi Kebencanaan dalam upaya Pengurangan Resiko Bencana (PRB) di SD Negeri Oeteas, Desa Helebeik, Kecamatan Lobalain, Jumat (8/11).
Staf Ahli Bupati Rote Ndao Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik Hanokh Ndun, ketika membacakan sambutan tertulis Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu saat membuka kegiatan tersebut mengatakan,
secara umum kondisi wilayah Kabupaten Rote Ndao sangat rentan terhadap bencana, di antaranya tanah longsor, banjir, gelombang pasang, angin puting beliung, dan kekeringan.
Bencana yang terjadi, kata dia, sering menimbulkan banyak korban baik materi, non materi, bahkan korban jiwa. Namun sebenarnya dapat dikurangi risiko bencananya dengan cara meningkatkan kapasitas dari para pemangku kepentingan terutama yang ada diwilayah kecamatan maupun desa/kelurahan sebagai perwakilan pemerintah yang paling dekat dengan masyarakat. Sehingga pada akhirnya dapat berimbas pula pada peningkatan kapasitas masyarakatnya.
Ia menambahkan, sebagaimana diketahui bahwa visi Pemerintah Kabupaten Rote Ndao menggariskan sebuah haluan pada rencana pembangunan jangka menengah daerah, yakni terwujudnya peningkatan kehidupan masyarakat Rote Ndao yang Bermartabat yang bertumbuh pada pengembangan pariwisata dan didukung oleh pertanian dan perikanan.
Perwujudan visi tersebut ditempuh melalui misi-misi yang mempunyai tujuan akhir peningkatan kesejahteraan masyarakat, yang salah satu target berkaitan dengan kegiatan peningkatan kapasitas pemangku kepentingan dalam upaya Pengurangan Risiko Bencana (PRB) dalam rangka membangun ketahanan masyarakat.
“Masyarakat yang paham akan bencana akan mampu menghindarkan diri dari bencana serta menjadi penolong bagi korban bencana yang pada akhirnya meminimalisir risiko yang timbul akibat bencana yang terjadi. Sehingga forum ini tentunya sangat bermanfaat,” kata Hanokh.
Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Rote Ndao Diksel Haning menjelaskan, tujuan dilaksanakan kegiatan ini secara umum adalah meningkatnya kesiapsiagaan pemangku kepentingan (pemerintah dan masyarakat) di Kabupaten Rote Ndao dalam rangka pengurangan risiko bencana dan perlidungan masyarakat dari ancaman bencana, secara khusus dipahaminya konsepsi mitigasi kebencanaan dan karakteristik ancaman dalam upaya pengurangan risiko bencana, mengidentifikasi peran-peran pemangku kepentingan, membangun konektivitas di antara pemangku kepentingan dalam aksi-aksi mitigasi dalam rangka memberi perlindungan pada daerah rawan bencana, serta berbagi pengalaman terbaik dalam upaya pengurangan risiko bencana.
Dikatakan Diksel, adapun upaya pengurangan kerentanan masyarakat yang berada pada kawasan rawan bencana melalui: perencanaan dan pelaksanaan penataan ruang yang berdasarkan pada analisis risiko bencana, pengaturan pembangunan, pembangunan infrastuktur dan tata bangunan, serta penyelenggaraan pendidikan, pelatihan dan penyuluhan baik maupun modern secara konvensional. TIM

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terkini

To Top