Berita Utama

Nggodimeda “Teik Esa Dalek Esa” dukung Dance Lian

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Ngodimeda, METROTIMOR. com–Masyarakat desa Nggodimeda kembali menaruh harapan di pundak Dance Lian, SE. Kepercayaan ini kemudian dituangkan dalam Keputusan Bupati Rote Ndao Nomor : 449/KEP/HK/2019 Tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Penjabat Kepala Desa Nggodimeda Periode 2019-2020, dan diambil sumpah jabatan dan pelantikan oleh Camat Rote Tengah Marthen Muskanan, S.Sos.

Alunan bunyi gong dan tambur yang ditabuh sesaat sebelum dimulainya acara pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan Penjabat Kepala Desa Nggodimeda, semakin menumbuhkan semangat cinta budaya. Kendatipun saat ini tak sedikit budaya luar yang kian merambah, namun tradisi ini tetap dipegang untuk menunjukan identitas sebagai masyarakat yang berbudaya. Inilah kearifan lokal yang masih berlaku di desa Nggodimeda Kecamatan Rote Tengah.

Terlihat tetamu dan undangan mulai berdatangan dan langsung menempati tempat duduk yang disediakan. Beberapa diantara mereka mengenakan busana kedaerahan. Topi Thie Langga dikenakan sebagai pelindung kepala oleh kaum pria sedangkan wanita mengenakan Bula Molik, Pending dan aksesoris lainnya. Inilah warisan budaya yang masih dilakukan oleh masyarakat di Kabupaten Rote Ndao pada umumnya.

Waktupun terus berputar diiringi alunan gong dan tambur. Tak lama berselang, nampak dua orang wanita dewasa sambil menggerakan badannya kekiri dan sebaliknya seraya mengayunkan kedua tangan yang seirama alunan tambur dan gong. Dan Camat Rote Tengah, Marthen Muskanan, S.Sos beserta rombongan disambut memasuki tempat acara dengan tarian dan tuturan syair adat Rote Ndao.

Yandres Daud, salah satu tokoh adat (maneleo) desa Nggodimeda dalam tuturan syairnya mengungkapkan selamat datang kepada Camat Rote Tengah beserta rombongan. Dia pun berharap agar kehadiran Camat Rote Tengah dalam acara tersebut dapat memberi petuah dan arahan kepada masyarakat desa Nggodimeda untuk meningkatkan partisipasi dalam setiap proses pembangunan desa terlebih kepada Penjabat Kepala Desa yang akan dilantik.

“Faik ia dale male’do ia tein ita bua-bua teu esa, ma mao mao teu esa te inak esa bobongi ma touk esa lalaen. Inak ma bongi natuk ma touk ma nalae lifuk. Ana dui enge selama teuk telu ma sula uak teuk telu fo ana ndadi neu boa manek ma moli neu buna resi fo ana paleta lali-lali ma kuasa selu-selu. Fo paleta lali-lali fo mangandilak feo dae ma mangandilak ndule oe. Mai ita ola-ola, mai ita dea-dea fo ela lo be na mangadila feo dae ma mangandila ndule oe”, demikian Yandres dalam tuturan syairnya dalam bahasa Rote.

Libatkan semua pihak dalam pengambilan kebijakan
Dance Lian, SE, yang terlahir sebagai anak ke-6 dari 7 bersaudara ini, kembali dipercayakan untuk memegang tampuk kepemimpinan sebagai Penjabat Kepala Desa Nggodimeda. Kendatipun diakuinya bahwa tanggung jawab tersebut sangat besar dan terasa berat, namun demi amanah sehingga wajib diemban.

“Ini tanggung jawab yang besar dan tentu berat. Tetapi karena amanah, tak ada pilihan lain selain mengemban. Dan tentu saya tetap berusaha mewujudkan harapan masyarakat desa Nggodimeda”, tegas penjabat Kepala Desa Nggodimeda, Dance Lian, SE kepada wartawan sesaat sebelum dimulainya acara pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan dirinya di Kantor Desa Nggodimeda Selasa, 10 September 2019.

Rentetan acara pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan Penjabat Kepala Desa Nggodimeda pun dimulai yang diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kemudian dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan sesuai kepercayaan agama Kristen Protestan.

 

Dance Lian, SE kini telah sah secara hukum sebagai Pemimpin di Desa Nggodimeda. Harapan dan tanggung jawab masyarakat desa Nggodimeda kembali diemban selama satu tahun kedepan (2019-2020). Dan dia (Dance) pun terus berkarya untuk membangun Desa Nggodimeda dalam bingkai Ita Esa.

Camat Rote Tengah, Marthen Muskanan, S.Sos dalam sambutannya mengatakan, suksesnya seorang pemimpin terletak pada keterlibatan semua pihak yang berada di dalam desa. Dikatannya bahwa banyak sekali persoalan yang terjadi di desa yang diakibatkan karena kebijakan yang diambil tidak secara bersama-sama (sepihak). Sehingga menimbulkan ketidak-puasan dari pihak lain.

“Dalam setiap kebijakan sangat penting untuk melibatkan seluruh eleman masyarakat. Baik tokoh agama, tokoh adat, tokoh perempuan dan tokoh pemuda serta tokoh lainnya agar menciptakan keharmonisan dalam menjalankan roda pemerintahan di desa”, tegas Marthen Muskanan.

Ditambahkannya bahwa, saat ini dengan penggelontoran dana desa yang semakin bertambah nilainya, maka rentan pula terjadi persoalan. Sehingga sedini mungkin Kepala Desa dapat melihat hal ini agar dalam masa kepemimpinannya tidak menimbulkan persoalan di tengah masyarakat sehingga dapat berkonsentrasi pada pelaksanaan pembangunan yang direncanakan.

Hadir dalam acara itu, pihak Kepolisian Sektor Rote Tengah (Polsek), Komandan Pos (Dan Pos) Rote Tengah, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kecamatan Rote Tengah, Pihak Puskesmas Kecamatan Rote Tengah, para Kepala Desa/Lurah di wilayah Kecamatan Rote Tengah, pemuka agama serta para tokoh adat/maneleo.

Di penghujung acara tersebut, Camat Rote Tengah, Marthen Muskanan, S.Sos berkebalai ria bersama masyarakat Desa Nggodimeda. Suasana sukacita dalam balutan adat ini semakin mengeratkan hubungan antara pemerintah dan masyarakatnya.
Dan akhirnya semua yang hadir saat itu memberi salam kepada Dance Lian, SE yang dilantik kembali menjadi Penjabat Kepala Desa Nggodimeda dengan berjabatan tangan. Selamat bertugas pak Dance Lian, SE. Di pundakmu harapan Desa Nggodimeda dipercayakan.
Max Saleky

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terkini

To Top