Kupang

Kantor Bahasa NTT Ajak Wartawan Gunakan Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Kupang, Metrotimor.com–Penggunaan bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari banyak kali melenceng dari kaidah bahasa yang baik dan benar. Tidak hanya masyarakat kebanyakan, para jurnalis juga sering terjebak dalam kekeliruan tersebut. Untuk meningkatkan kompetensi para wartawan dalam penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar, Kantor Bahasa Provinsi NTT melakukan penyuluhan bagi para wartawan media dalam jaringan (daring) yang ada di Kota Kupang dan Kabupaten Kupang. Kegiatan berlangsung selama empat hari dari tanggal 12–15 Agustus 2019 bertempat di Hotel Amaris Kupang.

Salimulloh Tegar, salah satu narasumber, dalam pemaparan materinya mengatakan bahwa wartawan harus selalu merujuk ke Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) dan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dalam menulis berita. “Banyak kata tidak baku yang sering kita gunakan dalam tulisan kita. Banyak juga penulisan kata dan kalimat yang tidak sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar. Karena itu, mulai sekarang Bapak Ibu harus selalu merujuk kepada PUEBI dan KBBI,” kata Salimulloh.

Dengan membiasakan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar di dalam penulisan berita, menurut Salimulloh, wartawan sudah berjasa mencerdaskan kehidupan bangsa.

Para wartawan mengaku senang bisa mengikuti kegiatan tersebut. Menurut mereka, kegiatan itu akan memberi nilai tambah bagi produk jurnalistik di NTT. “Apresiasi yang setinggi-tingginya untuk Kantor Bahasa NTT. Kami akan menerapkan apa yang sudah kami terima ini dalam kerja-kerja kami ke depan. Mudah-mudahan kegiatan yang baik lagi asyik ini dilaksanakan lagi tahun depan,” ujar Yupiter Loinati, wartawan Suara Harapan yang terlibat dalam kegiatan tersebut.(Lenzo)

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terkini

To Top