NEWS

Semarak HUT RI ke-74, Marthen Muskanan : Bersatu dalam perbedaan

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Siomeda,METROTIMOR.com–Indonesia adalah bangsa yang besar. Terdapat 17.506 pulau dengan keberagamannya masing-masing, merupakan kebanggaan tersendiri bagi setiap kita yang terlahir di bumi pertiwi. Kendatipun saat ini ada ancaman yang mengganggu keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, tetapi semangat Bhineka Tunggal Ika tetap berkobar dalam dada anak negeri mulai dari Sabang sampai Merauke bahkan dari pulau Miangas hingga ke Pulau Rote.

Isu keberagaman saat ini masih sering jadi ‘gorengan’ untuk diperdebatkan. Sampai-sampai mereka lupa atau bahkan tak mau tahu sejarah bagaimana Negara ini (Indonesia) didirikan. Dimana secara historis, Indonesia dibangun tidak berdasar pada satu paham atau golongan tertentu. Tetapi dengan penuh kesadaran, para pendiri Indonesia kala itu menyadari adanya kekuatan dalam pluralisme, sehingga ruang ini dibuka untuk menampung segala perbedaan, akhirnya terbentuklah Negara Kesatuan Republik Indonesia hingga kini.
Berbeda tapi tetap satu jua. Demikian semboyang ini telah ada sejak abad ke-14 pada masa kerajaan Majapahit, yang kemudian menjadi tonggak berdirinya NKRI. Kita telah berdiri sebagai bangsa yang besar. Besar karena memiliki keberagaman suku, agama, budaya yang kemudian dipersatukan dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika.
Tak hanya itu, semboyang ini sangat penting sebagai tonggak tercapainya tujuan bangsa. Hal itulah yang membuat semboyang ini dibawa oleh burung garuda yang memiliki lambang tujuan bangsa berupa Pancasila. Disinilah semboyan Bhinneka Tunggal ika dituliskan pada sebuah pita, lalu dibawa oleh burung garuda dengan cara mencengkram dengan erat menggunakan kedua kaki.
Di tahun 2019 ini, seluruh bangsa Indonesia akan merayakan sebuah hari yang sangat bersejarah. Ya, kita semua yang terlahir sebagai sebagai ‘anak’ Indonesia akan mengibarkan bendera Merah Putih. Upacara ini akan dilaksanakan tepat pada tanggal 17 Agustus 2019, sebagai peringatan akan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-74. Sekaligus sebagai wujud penghormatan untuk tetap mengenang pengorbanan para pejuang kemerdekaan.

Merdeka untuk Unggul, Rote Tengah tak ketinggalan

Merayakan hari kemerdekaan Republik Indonesia sudah menjadi keharusan sebagai bagian dari bangsa Indonesia. Perayaan itu dilakukan oleh semua pihak, baik di instansi pemerintahan, perusahaan, juga di lingkungan pendidikan. Bahkan, perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu.

Kemeriahannya yang begitu terasa setiap kali memasuki bulan Agustus yang diawali dengan munculnya beragam hiasan beronamen ‘merah putih’, yang dijajakan para pedagang kali lima di tepi jalan. Bahkan kibaran bendera umbul-umbul saat tertiup angin pun semakin menyemaraki kemeriahan HUT RI bagi setiap pengendara yang melintas.

Tak ketinggalan dalam momen perayaan HUT RI ke-74 ini, Pemerintah Kecamatan Rote Tengah pun telah menyelenggarakan kegiatan karnaval. Kegiatan ini dilakukan pada Jumat 8 Agustus 2019 sebagai pembuka semua rangkai kegiatan yang akan dilaksanakan.

Camat Rote Tengah, Marthen Muskanan, S. Sos kepada media ini mengatakan penyelenggaraan karnaval bukan untuk sekedar kemeriahan. Tetapi lebih dari itu sebagai wujud pemersatu terhadap segala perbedaan yang ada di wilayahnya.

“Kami lakukan karnaval bukan untuk eforia. Tetapi dengan kegiatan ini (karnaval) bisa menjadi wadah pemersatu bagi semua elemen masyarakat di Kecamatan Rote Tengah. Karena saat ini, perbedaan sudah sangat rentan terhadap perpecahan, dan kami tidak menghendaki hal itu. Sehingga kegiatan seperti ini perlu dilakukan pada masa-masa mendatang.”, demikian Camat Rote Tengah dari balik telepon.

Selain itu, kata Marthen Muskanan, untuk merekatkan persatuan dan kesatuan, salah satunya melalui ajang kegiatan perlombaan. Dengan demikian, pemerintah Kecamatan Rote Tengah menyikapinya melalui penyelenggaraan beberapa bidang kegiatan untuk dilombakan dengan tujuan memupuk semangat kebersamaan dalam rangka membina kerukunan hidup bermasyarakat. Beberapa bidang kegiatan tersebut antara lain, olahraga, seni budaya dan pendidikan.

“Semangat sportifitas secara langsung akan terbina pada setiap ajang perlombaan. Dengan demikian sebagai pemerintah wajib menjaga dan membina hal ini untuk mencapai tujuan bersama dalam bingkai Ita Esa”, kata Marthen Muskanan menambahkan.

Senada dengan Camat Rote Tengah, Ketua Panitian penyelenggaraan HUT RI ke-74 tingkat Kecamatan Rote Tengah, Jefri Saefatu pun mengatakan hal demikian. Sebagaimana yang diungkapkannya (Jefri, red) bahwa semua rangkaian kegiatan perayaan HUT RI dimulai dari tanggal 8 Agustus hingga 15 Agustus 2019 yang terpusat di Kantor Camat Rote Tengah. Dia pun secara detail mengurai jenis-jenis perlombaan dalam bidang kegiatan yang diselenggarakan.

“Ya, ada 3 bidang kegiatan yang dilombakan, antara lain : bidang olahraga yaitu perlombaan tarik tambang putra, lomba bola volli putra/putri dan lomba PBB untuk satuan Linmas antar desa/kelurahan. Untuk bidang seni dan budaya terdapat lomba solo yang dibagi menjadi dua kategori yaitu kategori anak, untuk pelajar tingkat SD dan SMP, dan kategori dewasa untuk umum serta lomba kebalai antar desa dan kelurahan. Sedangkan untuk bidang pendidikan terdapat lomba Cerdas Cermat Anak (CCA) tingkat pelajar SD dan SMP, lomba mengucapkan teks UUD 1945 tingkat pelajar SD, SMP dan SMA serta lomba mengucapkan panca prasetya Korpri bagi Aparat Sipil Negara (ASN) di lingkup Kecamatan Rote Tengah”, demikian Jefri Saefatu pertelepon.

Sekedar untuk diketahui bahwa, Kecamatan Rote Tengah saat ini mulai menunjukan geliatnya untuk mengejar ketertinggalan. Sebut saja perayaan HUT RI kali ini yang di kemas sedemikian rupa sehingga membangkitkan antusias dari masyarakat. Hal ini terlihat dalam partisipasi seluruh lapisan masyarakat dalam kegiatan karvanal yang telah diselanggarakan. Belum lagi dalam tahun ini, direncanakan untuk membangun pagar kantor Camat Rote Tengah, maka semakin menunjukan keseriusan dalam diri pemimpin saat memimpin. (Max Saleky)

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terkini

To Top