Berita Utama

PLN Siapkan Jalur Transmisi GI Bolok–GI Kupang Peaker

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

KUPANG, METROTIMOR. com–Pemberian tegangan listrik (energize) akan dilakukan atas sirkuit kedua Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kilovolt (kV) Gardu Ìnduk (GI) Bolok–GI Kupang Peaker. Hal itu dilakukan karena pada tanggal 19 Juli yang lalu PLN berhasil mendapatkan Rekomendasi Laik Bertegangan (RLB) untuk jalur transmisi tersebut. SUTT 150 GI Bolok-Kupang Peaker ini merupakan SUTT 150 kV pertama di Pulau Timor.

Yuyun Mimbar Saputra General Manager PLN Unit Induk Pembangunan Nusa Tenggara dalam releasenya yang diterima metrotimor.commenjelaskan bahwa dengan terevakuasinya daya dari GI Bolok ke GI Kupang Peaker melalu jalur Transmisi SUTT 150kV GI Bolok – Gi Kupang ini, akan meningkatkan kehandalan Sistem Kelistrikan di Pulau Timor.

“Dengan listrik yang andal diharapkan dapat menarik investor sehingga bisa mendorong tumbuhnya industri menengah dan besar di setiap daerah di wilayah tersebut,” ujar Yuyun.

Jalur Transmisi yang terdiri dari total 52 titik tower dan memiliki panjang saluran 2×16,55 kilometer sirkit pada hari ini, sedang dalam proses energize yang nantinya setelah itu akah diresmikan pengoperasinya.

Yuyun optimistis di tahun 2019 ini beberapa jalur Transmisi di Pulau Timor akan beroperasi. “Memang tugas dari PLN untuk membangun infrasruktur kelistrikan, membangun Jalur Transmisi yang fungsinya mengevakuasi daya ke daerah, sehingga investor tidak perlu khawatir untuk menanam modal ke wilayah Pulau Timor,” ungkap Yuyun.

Saat ini, kata dia, Gardu Induk Bolok IBT 150/70 kV juga sudah siap beroperasi pada bulan Mei lalu, sementara Gardu Induk Kupang Peaker rencananya akan beroperasi di akhir tahun 2019.

Sebelumnya, PLN juga telah mengoperasikan Jalur Transmisi SUTT 70 kV dari Bolok sampai dengan Atambua. (*/mtc01)

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terkini

To Top