NEWS

Kisah Penjual Keripik Pisang, yang Sukses Mengantar Anaknya Jadi Sarjana.

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

 

BANGGA,itulah yang kini dirasakan Osias Saetban (50). Pria Asal Desa Oenai RT/RW 01.01 Kecamatan Kie Kabupaten TTS sedang berbahagia karena telah berhasil mengantarkan putri bungsunya menjadi seorang Sarjana dan Tahun 2018 menjadi PNS. Perjuangannya untuk menjadikan anaknya sebagai Sarjana  ini memang terbilang cukup berat.

“Awalnya sebagai Petani, tetapi anak saya sudah masuk SMA dan Perguruan Tingga saya harus berbali haluan, Saya sebagai pedagang asogan, ia tetap gigih dan niat memberikan pendidikan yang terbaik untuk anak-anaknya,” kata Osial mengenang

Meski penghasilannya hanya Rp10.000 sampai Rp20.000 per hari,dari penghasilan itu masih dibagi dengan pemilik barang yakni Pemilik Apris Natonis, walau demikian Osias berhasil menyekolahkan putri pertamanya  Oce Saetban sampai tingkat akhir dan menjadi sarjana Pendidikan di Undana Jurusan FKIP selesai tahun 2017, Tahun  2018 sudah Lulus dan kini jadi   PNS di salah satu SLTP di Kabupaten TTS.

“saya pedangan Asogan (jualan Telur rebus dan kacang goreng) di terminal Bayangan di Batuputih samping Pos Polisi Amanuban Barat (Pospol Amanbar) sudah 10 tahun, saya  mulai beroperasi setiap pagi pukul 8.00 Wita hingga malam hari pukul 8.00 Wita. Jualan yang saya  jajakan  saat kendaraan Bus parkir sasaranya penumpang Bus, kami penjual banyak sehingga harus pandai menawarkan dagangan, jadi kami berjibaku dengan penjual lain untuk mengais rejeki,” cetusnya.

Osial mempersunting Mersina Otu dan memili dua anak seorang putri bernama Oce Saetban kini menjadi PNS sedangkan Putranya Melki Saetban hanya mengenyam pendidikan SLTP Kini merantau di Kalimantan.

Osias mengaku Sudah sekitar 10 Tahun berjualan keripik di Batuputih. Istri Osias dan keluarga berada di Kie,Sebulan  dirinya kunjungi Keluarga di Oenai Kie.

Selain sebagai pedagang Asongan Asias kadang berganti profesi sebagai petani untuk membantu sang istri.

Ia memiliki prinsip Biar saya Tamat SD, tetapi anak-anak saya harus sekolah biar nasibnya lebih baik dari saya katanya kepada media ini disela-sela menjajakan jualanya. Jakson Faot

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terkini

To Top