Berita Utama

Camat Lobalain Letakan Batu Pertama Pembangunan Rumah Layak Huni

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

BA’A,METROTIMOR.com–Camat Lobalaian Pauwil JJ Ngili S.Sos M.Si, Jumat (31/5/2019), secara simbolis melakukan peletakan batu pertama pembangunan rumah layak huni bagi masyarakat dua desa di Kecamatan Loibalain, yakni Desa Sanggaoen dan Holoama.
Acara peletakan batu pertama rumah layak huni di Desa Sanggaoen dilaksanakan di kediamanan Paulus Soai  III (tiga), di Dusun Ne’e, sementara untuk Desa Holoama di kediaman Yusuf Bessie, di Dusun Telunisi.
Pauwil Ngili dalam sambutannya memberikan apresiasi bagi pemerintah desa/kelurahan di Kecamatan Lobalain yang telah menganggarkan pembangunan rumah layak huni dari Dana Desa (DD) Tahun Anggaran 2019 untuk membantu masyarakat yang kurang mampu, di mana masing-masing desa/kelurahan memprogramkan pembangunan rumah layak huni bagi 10 Kepala Keluarga (KK).
Di Kecamatan Lobalaian, kata dia, ada 15 desa/kelurahan, sehingga ini berarti akan ada sebanyak 150 rumah layak huni yang dibangun dengan Dana Desa Tahun Anggaran 2019. Belum lagi rumah Aladin Program Pemerintah Kabupaten Rote Ndao, serta Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau yang lebih dikenal dengan Program Bedah Rumah dari Kementerian PUPR.
Menurutnya, di Desa Sanggaoen belum disentuh Program BSPS, sehingga tahun ini mendapat program INI. Untuk itu diharapkan semua komponen yang ada di desa mendukung penuh kegiatan ini, demi kemajuan Desa Sanggaoen yang sama-sama kita cintai.

“Saya memberikan apresiasi yang tinggi kepada jajaran pemerintah desa yang mengalokasikan Dana Desa untuk pembangunan rumah sebagai salah satu kebutuhan dasar manusia. Saya berharap perlahan namun pasti seluruh masyarakat akan menikmati tinggal di rumah yang layak huni sesuai standar kesehatan,” katanya.

Penjabat Kepala Desa Sanggaoen Mateos Bailao mengatakan, sebagai bentuk tanggung jawab pemerintah desa terhadap kelayakan hidup masyarakat, maka Tahun Anggaran 2019 ini Pemerintah Desa Sanggaoen mengalokasikan Dana Desa sebesar Rp 357.559.700 untuk pembangunan  10 unit rumah layak huni bagi 10 Kepala Keluarga (KK) kurang mampu.

Menurutnya, sesuai data di wilayah Desa Sanggaoen terdapat sekitar 50 unit rumah tidak layak huni, sehingga akan dibangun secara bertahap.
Menurutnya, sesuai RAB rumah layak huni yang akan dibangun bagi 10 KK ini berukuran 5×7 meter, dan akan dikerjakan selama 75 hari kalender, terhitung 31 Mei hingga 13 Agustus.

“Bantuan ini merupakan stimulan, di mana ada juga perjanjian bahan lokal dan bahan bangunan yang kurang ditanggung penerima manfaat. Sehingga, hal ini kiranya dapat dipahami oleh warga penerima bantuan karena memang secara aturan harus ada partisipasi masyarakat,” katanya.

Camat Lobalaian Pauwil JJ Ngili S.Sos M.Si,Pose bersama kanit binmas polsek lobalain bripka Arten Ndun bersama bhabin desa sanggaoen Brigpol mikris nalle dan Kades Holoama Melkianus Bessie, Jumat (31/5/2019)

Terpisah, Penjabat Kades Holoama Melkianus Bessie mengatakan, di desa tersebut ada sekitar 190 Kepala Keluarga (KK) yang tinggal dirumah tidak layak huni, yang tersebar di tujuh wilayah dusun. Sehingga diharapkan sejumlah program bantuan dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Kabupaten Rote Ndao, dan Dana Desa dapat membantu warga yang belum memiliki rumah yang layak huni.

“Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau yang lebih dikenal dengan Program Bedah Rumah dari Kementerian PUPR tahun ini kita belum tahu pasti berapa alokasinya untuk Desa Holoama, tetapi dengan sinergisitas Pemerintah Pusat hingga desa, diharapkan bisa membantu warga yang kurang mampu memiliki rumah layak huni,” Melkianus.

Ia juga mengatakan, Pemerintah Desa Holoama Tahun Anggaran 2019 mengangarkan dana sebesar Rp 318.867.700 dari Dana Desa untuk membangun 10 unit rumah layak huni bagi 10 KK dengan ukuran 5×7 meter dan dilengkapi dengan MCK. (mtc01/tim)

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terkini

To Top