Ekbis

Jumlah Usaha Kuliner di Rote Ndao Meningkat

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

ROTE NDAO, METROTIMOR.Com — Jumlah usaha kuliner berupa rumah makan, warung makan, Cafe dan restoran meningkat dalam setiap tahunnya.
Rekaman Badan Pendapatan Kabupaten Rote Ndao mencatat aktifitas masyarakat pengusaha kuliner di Kabupaten Rote Ndao dari tahun 2018 ada 64 usaha kuliner dan triwulan tahun 2019 meningkat menjadi 69 usaha kuliner.
Hal ini diungkapkan Kepala Badan Pendapatan Kabupaten Rote Ndao Melkianus Ndun, S.Sos melalui Kabid Pajak Badan Pendapatan , Dikses Haning, S.H kepada media ini di ruang kerjanya,Rabu.
Ia menyebutkan jumlah usaha kuliner tahun 2018 terbagi dalam empat jenis yakni Cafe 3 buah, restoran 4 buah rumah makan 25 buah dan tahun 2019 bertambah lagi 5 buah rumah makan sehingga 25 rumah menjadi 30 rumah makan.
Dengan begitu, maka obyek pajak secara otomatis meningkat.
Kini pihaknya tengah merekap pelaporan kwitansi untuk mengetahui omzet pendapatan setiap rumah makan.Untuk empat rumah restoran di Nemberala sudah memiliki sendiri aplikasinya.
Diharapkan kepada para pelaku usaha kuliner untuk melakukan pembukuan penjualan, perlu memahami laporan keuangan, serta memisahkan antara keuangan rumah tangga dengan keuangan usaha.
“Para pelaku usaha bisnis kuliner wajib memahami benar cara mengelola binisnya, capacity building itu sangat penting. Bagaimana meningkatkan pengetahuan, apa yang sedang berkembang, selalu meng- update agar tidak ketinggalan zaman.Sehingga tidak ada warung makan atau restoran yang gulung tikar,” ujarnya.

Pewarta : MTC 001
Editor : Agustinus Bobe

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terkini

To Top