Belu

Hadapi Pilkada Belu 2021, Wilhelmus Y. Bere Ati Masuk Bursa Calon Bupati

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Atambua,METROTIMOR.com-Menghadapi pelaksanaan Pemilihan kepala daerah Bupati dan wakil Bupati Belu periode 2021-2026, para partai politik sebagai partai pengusung figur akan membuka pendaftaran bagi para figur yang bakal akan muncul sebagai calon bupati dan wakil bupati belu dalam hajatan lima tahunan itu.

Salah satu partai politik yang kini telah membuka pendaftaran bagi para figur maupun kandidat untuk mendaftarkanlan diri sebagai bakal calon bupati dan wakil bupati Belu yakni DPD II partai Golkar Kabupaten Belu.

Wilhelmus Y. Bere Ati (WBA), merupakan salah satu putra Belu yang akan turut meramaikan bursa pendaftaran calon bupati dan wakil bupati Belu juga telah merapat ke partai yang berlambang pohon beringin itu.

Pasalnya, setelah partai Golkar membuka pendaftaran pekan lalu, WBA pun telah mengambil formulir pendaftaran di kantor DPD II Golkar Belu yang terletak di Jl. KM. 2 Atambua jurusan Kupang pada Kamis (24/1/2019) kemarin.

“Hari ini saya datang kesini (kantor partai Golkar,red) untuk mengambil formulir pendaftaran sebagai colan bupati Belu 2021-2026. Sebagai putra Belu saya merasa ini sebagai panggilan untuk berkompetisi dalam pilkada yang akan datang demi kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat Belu,” ujar WBA kepada wartawan usai mengambil formulir pendaftaran di kantor DPD Partai Golkar.

Dia menjelaskan, untuk figur yang bakal mendampinginya, sesuai dengan perkembangan dirinya telah mengantongi sejumlah nama. “Untuk sementara telah ada sejumlah rekan yang bakal me.jadi pasangan saya. Tapi kita akan sesuaikan dengan perkembangan kondisi di lapangan nanti tentang siapa yang tepat untuk saya gandeng,” pinta WBA.

Ketika disinggung soal komitmen dirinya untuk maju sebagai calon Bupati Belu, Willem menegaskan dengan potensi pertanian yang dimiliki oleh Kabupaten Belu sebagai daerah perbatasan langsung antar negara RI-Timor Leste perlu diberi perhatian secara serius untuk dioptimalkan sehingga dapat memberi dampak yang positif untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat di daerah perbatasan.

“Iy, komitmen sesuai dengan pengalaman saya yang telah berhasil menangani sejumlah proyek di luar negeri dan nasional, terutama mengenai peningkatan taraf hidup petani. Karena itu saya ingin kembali membantu masyarakat kecil didaerah kita sehingga pendapatan petani dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” pinta WBA optimis.

Menurutnya, pembangunan pertanian akan difokuskan pada peningkatan produktifitas lahan kering dimana hanya dari satu jenis tanaman komoditi akan diti katakanenjadi satu lahan 3 komoditi, seperti jagung, kacang dan lombok. Sedangkan potensi lahan sawah perlu tingkatkan hasil panen dari 4 ton/ha/musim menjadi 6-7 ton dengan intensitas tanam ditingkatkan dari satu kali menjadi 2 kali tanam setiap musim. Itu bisa dilakukan di lokasi lahan sawah seperti Dilumil di Makir, Haekesak di Raihat, Wedomu di Tastim dan Sukabitetek di Tasbar.

“Jika ini bisa dilakukan, maka ketergantungan kita terhadap pangan dari dari lain dapat diatasi,” tambahnya.

Dirinya menambahkan, untuk meningkatkan intensitas tanam dibutuhkan ketersediaan air. Baginya, ketersediaan air bukan hanya semata-mata dari pembangunan bendungan atau cakdam, tetapi salah satu cara yang dapat menjawab ketersediaan air yakni dapat menahan air sungai atau air kali.

“Secara sederhana untuk ketersediaan air, kita dapat menerapkan pola yang diterapkan di Bengawan Solo dengan sistem menahan air sungai. Sehingga tidak perlu harus menunggu pemerintah bangun bendungan dan irigasi baru kita tingkatkan intensitas tanam. Jadi saya akan menerapkan skil-skil yang saya memiliki sesuai dengan specialis saya di bidang irigasi untuk meningkatkan pendapatan petani,”. ucap WBA. Pewarta. : anis ikun. Editor. : agustin bobe

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terkini

To Top