Berita Utama

Kabar Gembira, 2019 Pemkab Flotim Berikan Insentif Kepada Ketua Rukun Tetangga dan Rukun Warga 

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Larantuka, METROTIMOR.COM-Sejumlah ketua Rukun Tetangga (RT) dan Ketua Rukun Warga (RW) di Kabupaten Flores Timur (Flotim)  akan diberikan intensif.

Insentif tersebut diberikan kepada ketua RT dan RW yang berada di wilayah Kelurahan.

Hal tersebut dikatakan Bupati Flores (Flotim) Antonius Hubertus Gege Hadjon kepada Metrotimor beberapa waktu lalu, Jumad (9/11/2018) di kediamannya.

Menurut Bupati Anton akrab disapa pemberian sejumlah dana dimaksud bertujuan memperlancar pelayanan kepada masyarakat.

“Tujuannya meningkatkan kinerja aparat desa sehingga memperlancar pelayanan kepada masayarakat” kata Bupati.

Ia melanjutkan, Flotim sebagai salah satu Kabupaten kepulauan di Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) serta  dikenal sebagai daerah  berpenghasil ikan tentunya memilki tingkat mobilitas masyarakat  yang cukup tinggi, baik yang datang maupun keluar dari Flores Timur.

Hal tersebut bisa dilihat dari padatnya lalu-lintas kapal didukung  penyebaran  berbagai pelabuhan rakyat  serta Jembatan Tambahan Perahu ( JTP) di berbagai wilayah sebagai pintu masuk alternatif selain Bandar Udara (Bandara) Gewayan Tanah-Watowiti, Pelabuhan Rakyat (Pelra) dan Pelabuhan PELNI Postoh,  serta hadirnya terminal lalintas darat Angkutan Kota Antar Kabupaten yang menghubungkan Kabupaten Flores Timur dengan berbagai daerah di Flores Barat-Labuan Bajo.

Selain berpredikat sebagai daerah maritim, Kabupaten paling timur pulau Flores ini di mata dunia Internasional sangat popular dengan Perayaan Pekan Suci Semana Santa, berpuncak pada Prosesi Jumad Agung. Acara yang sudah sangat familar ini, menjadikan Flores Timur sebagai salah satu daerah destinasi wisata Religius dengan puluhan ribu pesiarah baik domestik maupun manca negara.

Berangkat dari fenomena di atas, diberikan sejumlah insentif oleh Pemerintah Daerah kepada aparat pemerintah terbawa selain bertujuan meningkatkan kinerja pelayanan, juga diharapkan peran ekstra dari RT/RW  meningkatkan pengawasan terhadap para pendatang.

“Saya harap, RT dan RW lebih peka berperan  terutama kepada para tamu dari luar. Di Kelurahan mana, berapa orang, buat apa, berapa lama” itu hal penting” tegas Bupati.

Selain peran RT/RW, tentu saja Lurah serta para Camat tidak kalah pentingnya dalam membantu aparat hukum baik POLRI maupun TNI” sebut Bupati Anton Hadjon.

Menanggapi rencana dimaksud, Yohanes Ola Masan Lurah Kelurahan Sarotari Timur mengapresiasi pemberian insentif kepada para RT/RW se-Kelurahan.

“Luar biasa, ini sebuah terobosan Bupati saat ini maka para Lurah maupun aparat kelurahan perlu mengapresiasi dengan meningkatkan pelayaanan di kepada masyarakat. Terimkasih pak Bupati” tegas Lurah Masan.

Di tempat terpisah, ungkapan bernada serupa juga datang dari Lurah Balela Gabriel Emi. Bagi Emi apa yang aka dilakukan Bupati Anton merupakan hal luar biasa dan baru pernah terjadi.

“Ini hal baru di Kelurahan Balela. Selama ini belum ada insentif bagi RT maupun RW. Dengan adanya pemberian insentif, diharapkan bisa lebih giat lagi dalam bekerja” kata Emi.

Sementara Yustin Hayon, Ketua RT 02 Kelurahan Larantuka menyebut rencana pemberian insentif merupakan motivator dalam melaksanakan tugas pelayanan kepada masyarakat. (*tim/red).

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terkini

To Top