Berita Utama

SEKDA Flotim Buka Kegiatan Peningkatan Kapasitas Organisasi PKK

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

LARANTUKA,METROTIMOR.com–Sekretaris Daerah Kabupaten Flores Timur, Paulus Igo Geroda, S.Sos,M.AP, membuka kegiatan Peningkatan Kapasitas Organisasi PKK, bertempat Aula KPRI Gelekat Nara, Selasa, (6/11).
Kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Flores Timur dihadiri oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Flores Timur, Ny. Lusia Hadjon, Kadis PMD, Rufus Koda Teluma, S.Sos, para Camat, Ketua TP. PKK Kecamatan dan para kader PKK Kecamatan.

Sekda Paulus Igo dalam membacakan sambutan tertulis Buapati Flores Timur, Antonius H. Gege Hadjon mengatakan, Kelembagaan PKK merupakan kelembagaan yang melekat pada setiap posisi jabatan balk dari pusat, propinsi, kabupaten, kecamatan sampai ke desa. Kelembagaan PKK memegang peranan penting untuk mewujudkan sabuah gerakan dalam mendukung pembangunan yang berlangsung secara simultan dan merupakan bagian integral atau tak terpisahkan.

Dikatakan melalui pemahaman yang utuh terhadap proses perencanaan pembagunan yang merupakan faktor utama dan mendasar terkait dengan rencana kerja, termasuk dalam hal Perencanaan Kerja Lima Tahunan PKK, maka PKK dituntut untuk dapat menyesuaikan dengan kondisi yang ada. Hal tersebut dapat diaplikasikan dalam rangkaian proses dan tahapan perencanaan pembangunan di setiap tingkatan Musrenbang, dengan mengambil peran dalam menginformasikan program dan kegiatan unggulan yang menjadi ciri khas gerakan PKK. Untuk itu menurutnya diperlukan pemahaman yang mendalam agar kedepannya dapat berperan aktif dalam menghadapi tuntutan perubahan
yang kian pesat yang mengharuskan Tim Penggerak PKK dan kader-kadernya mengimbangi dengan peningkatan kualitas pengetahuan dan kinerja lembaga.

Seiring dengan tuntutan tersebut, lanjut Sekda Paulus Igo, ada beberapa hal yang menjadi penekanan dalam peningkatan Kapasitas Organisasi PKK, antara lain adanya pemahaman Tim PKK ditingkat kecamatan untuk berperan aktif dalam melakukan perencanaan, pembinaan, pengawasan dan evaluasí terhadap kegiatan yang diusulkan ditingkat desa sampai dasawisma dangan memperhatikan 10 Program PKK; Disamping itu adanya tertib administrasi dan pelaporan serta kegiatan yang menjadi unggulan di tingkat kecamatan; Peningkatan Kapasitas Kelembagaan Organisaisi Tim serta Optimalisasi berbagai kegiatan yang dapat termuat dalam dokumen perencanaan tingkat desa yang di fasilitasi oleh Tim Penggerak PKK kecamatan dalam forum Musrenbang desa.
Oleh karena itu, kegiatan yang difasilitasi oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Flores Timur ini, diharapkan menjadi bagian dari upaya Pemerintah Daerah untuk
menyediakan Sumber Daya Manusia Flores Timur yang mumpuni sebagai bagian dari upaya mengaktualisasikan pencapaian Misi Daerah dalam bidang Reformasi Birokrasi,

Mengakhiri sambutan, Sekda Paulus Igo mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada TP. PKK yang menjadi garda terdepan dalam memberikan pelayanan kepada
masyarakat melalui program kerja yang dilaksanakan melalui proses perencanaan, pengawasan, monitoring dan evaluasi yang berkelanjutan.

“Saya berharap peserta yang merupakan utusan dari berbagai kecamatan, dapat mengikuti rangkaian kegiatan ini dengan baik dan seksama, sehíngga kompetensi yang akan dimiliki sebagai output dari kegiatan ini, dapat menghadirkan outcome baru sebagai aplikator dan agen perubahan bagi pemberdayaan masyarakat di daerah ini, kata Sekda Paulus Igo. (**TIM)

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terkini

To Top