Berita Utama

Kadis Pertanian Provinsi NTT Buka Expo Sayuran Di Biloto.

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

SoE,METROTIMOR.com–Kamis,(25/10/2018) Kadis Pertanian Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Yohanis Taeruba melakukan panen perdana di Kabupaten Timor Tengah Selatan tepatnya di  Desa Biloto Dusun Bikium Lahan Pertanian Milik Kelompok Pemuda Bertani gereja Ebenheser Biloto Kecamatan Mollo Selatan

Kelompok bertani pemuda Ebenheser Biloto Kerjasama dengan Yayasan Bina Tani Sejahtera (YBTS). YBTS adalah perusahaan penyedian benih sayuran.

YBTS juga berkarya menguatkan kapasitas petani.

Junike Medah, selaku koordinator YBTS mengungkapkan tujuan menjalin kerjasama  dengan poktan seperti halnya Di pemuda GMIT Ebenheser Biloto, bertujuan untuk  penguatan kapasitas terintegrasi  dan meningkatkan kehidupan petani.

Pada tahun 2018  YTBS sudah
Jalankan program pembinaan kelompok di sejumlah desa di wilayah  kabupaten TTS dan kabupaten Kupang.

Dikatakannya, bahwa di wilayah kabupaten TTS sudah  21 poktan yang dilakukan pembinaan.

penentuan poktan binaan Junike mengatakan bahwa tidak serta merta menunjuk poktan tersebut untuk dilakukan pembinaan tetapi sebelumnya dilakukan koordinasi dengan dinas pertanian. Setelah itu,  Dinas merekomendasikan sejumlah poktan yang telah dikukuhkan baru dilakukan seleksi oleh YBTS.

Kata Dia,yang layak dan memenuhi syarat baru ditetapkan dan dijadikan kelompok Binaan.

Ditemui Terpisah, Ketua Kelompok Pemuda Gereja Ebenheser Biloto Andriawino Sanam mengatakan bahwa panen raya yang dikelola oleh Kelompok Tani Pemuda Ebeheiser Biloto seluas 7.400 m persegi dan lahan tidur tersebut milik gereja Ebenheiser Biloto.

Lahan tersebut digarap sejak 15 Juni 2018 lalu setelah ada kerjasama dengan Yayasan Bina Tani Sejahtera (YTBS), salah satu yayasan yang konsen di bidang pengembangan pertanian kemasyarakatan. Pengelolaan tersebut dibantu oleh YBTS.

YBTS juga memberikan Bantuan bibit 34 varietas sayuran dan buah-buahan.

Ada pula  dibantu konstruksi area lahan bimbingan teknis,dan juga metode bertani yang efektif  dan produktif.

Pantauaan metrotimor. con  dilokasi kelompok Pemuda Gereja Ebenheser Biloto pengembangan Terong, Buncis, Labu, Cabe, Tomat, Brokoli, Semangka, Melon dan lainnya.
Dalam pengelolaan lahan itu mereka dibantu bibit 34 varietas sayuran dan buah yang kini tumbuh diatas lahan tersebut. Selain bantuan benih mereka juga dibantu konstruksi area lahan dan bimbingan teknis soal cara bertani yang efektif produktif.

Sementara itu Kadis Pertanian Provinsi  NTT Yohanis Taeruba mengapresiasikan keberhasilan yang luar biasa, menurutnya bahwa ini adalah kerja sama,kerja keras,kerja cerdas dan juga komitmen hingga sampai titik ini dan melakukan publik expo.

Ini sebagai contoh untuk desa-desa lain dan bahkan kabupaten lain.”Ini juga mendukung program pemerintah”

 

Ia menambahkan bahwa tentunya kita dari Dinas juga membantu memfasilitasi dan terus mendorong akan peningkatan pertanian masyarakat.

Dan terus meningkatkan pendapatan masyarakat melalui pertanian. Poktan Gereja Ebenheser Biloto berjumlah 50 orang Anggota.
Turut hadir Kepala Dinas Provinsi NTT Yohanis Taeruba,Kadis Pertanian Kabupaten TTS,Otnial Neonane,Dandim 1621 TTS Letkol.Rhino Charles Tuwo,Dan juga sejumlah Anggota TNI,Kepolisian dan juga Masyarakat. (Jekson Faot)

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terkini

To Top