Berita Utama

Genjot Perekonomian masyarakat lewat berbagai inovasi pertanian.

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

 

 

Once Mone
Pelaku Inovasi pertanian.

Kabupaten Timor Tengah Selatan mempunyai wilayah yang sangat luas dimana masih terdapat banyak lahan tidur yang belum dikelola dengan baik bahkan sekitar 80% penduduk hidup dari bertani dan beternak.
Sejauh ini masih sangat sedikit petani yang berhasil dan ini membuktikan bahwa baik petani maupun kelompok tani belum sepenuhnya bekerja dengan baik dan efektif artinya kelompok tani hanya ada saat ingin mendapatkan bantuan pemerintah setelah itu vakum,yang tersisa hanya papan nama.
Oleh sebab itu pemerintah daerah perlu memperhatikan beberapa hal dalam bidang pertanian seperti potensi ketersediaan air,alat-alat pertanian(mekanisasi pertanian), pupuk,obat-obatan dan yang terpenting adalah modal serta yang paling penting adalah Sumber Daya Manusia (SDM).
Untuk menyikapi hal tersebut perlu ada gebrakan dari Dinas Pertanian untuk menggerakkan seluruh tenaga penyuluh pertanian dan bekerja sama dengan komunitas dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) untuk membantu masyarakat terutama lewat kelompok tani dengan berbagai pelatihan dan penyuluhan.
Adapun beberapa faktor yang perlu diperhatikan sebagai berikut :

1.FAKTOR ALAM

Mengingat kondisi topografi alam TTS , struktur tanah dan banyak wilayah yang sangat kekurangan air karna itu perlu dibangun embung dan memang itu sudah dilakukan namun masih banyak yang belum efektif karna hanya menampung air disaat musim hujan tetapi saat musim panas kering akibat tidak ada daya resapan tanah yang tinggi sehingga jelas mubazir.
Ini perlu adanya inovasi atau perubahan pada sistem perencanaan seperti penabahan plastik Geomembran,selain itu ada model inovasi pertanian pompa hidram, pompa gravitasi dll.

2. MEKANISASI PERTANIAN

Dalam mekanisasi pertanian,alat alat pertanian harus mendukung kegiatan bertani dengan tujuan dapat menghemat waktu dan tenaga.
Penyediaan alat pertanian seperti traktor,hand traktor,cultivator,mesin pompa air,sistem pipanisasi,traktor rotary penggembur tanah,mesin diesel pompa air,dan pertanian lahan kering modern dengan sistem springkel.

3.PENYEDIAAN BENIH,PUPUK DAN OBAT-OBATAN.

Dalam pertanian hortikultura, pemilihan bibit sangat penting untuk menghasilkan produktivitas tanaman.
Demikian juga untuk mendapatkan hasil yang bagus perlu pupuk organik atau kimia sebagai perangsang tumbuh tanaman.
Selanjutnya penyediaan obat-obatan untuk mencegah hama karna semakin luas areal pertanian,semakin rentan terserang hama karena itu obat obat-obatan sangat penting untuk mencegah dan membasmi hama agar tidak terjadi gagal panen.

4.MODAL AWAL

Bertani tidak hanya modal dengkul tapi harus ada modal awal baik itu lewat pinjaman maupun bantuan dan ketersediaan harus dijaga hingga musim panen tiba.

5.SUMBER DAYA MANUSIA

Sumber daya manusia perlu dibentuk dengan cara pemberian penyuluhan, pelatihan dan seminar serta terjun lapangan untuk praktek tentang cara pemilihan bibit ,pengolahan lahan ,pembuatan pupuk kompos,pemanfaatan pupuk, pengendalian hama,panen dan pemasaran.
Ini perlu kerjasama antar berbagai pihak baik itu Dinas terkait,LSM dan petani/kelompok tani.
Dari item item tersebut diatas perlu ada semacam kajian pembangunan ekonomi pertanian di TTS untuk mengurangi pemasukan bahan bahan makanan dari luar daerah ke dalam dan juga perputaran uang dalam daerah stabil sehingga petani juga sejahtera lewat hasil panen mereka.
Mari bergandengan tangan melakukan berbagai inovasi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat lewat pemanfaatan lahan tidur yang belum dikelola dengan baik dengan berbagai inovasi dan pertanian modern.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terkini

To Top