Berita Utama

Sosialisasi Dan Pelatihan “Dokter Kecil “Di Dalam Tubuh Yang Sehat Terdapat Jiwa Yang Sehat

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

LARANTUKA, METROTIMOR. com–Sosialisasi dan pelatihan langsung pada anak-anak sekolah dasar tingkat Kecamatan Larantuka yang diikuti oleh perwakilan 14 sekolah dasar dilaksanakan pada Puskesmas Nagi Sabtu 12 Oktober 2018.
Dalam sambutan Pelatihan Dokter kecil tersebut, Kepala Puskesmas Nagi Apolonia Layu, Amd.Kep mengatakan kegiatan ini kami lakukan untuk peningkatan derajat kesehatan bagi murid- murid karena sebagai generasi penerus bangsa dan negara adalah tanggung jawab kita bersama.
Lanjut Apolonia, pembangunan dan masa depan Negara ini terkhususnya Kabupaten Flores Timur ada di pundak anak-anak sekalian sebagai generasi penerus bangsa, oleh karena itu setiap murid yang memiliki sikap serta kebiasaan hidup sehat baik di rumah, sekolah maupun masyarakat ada tiga jenis kegiatan pokok dalam pelaksanaan usaha untuk meningkatkan kesehatan bagi anak-anak sekolah yang di sebut sebagai TRIAS UKS diantaranya yang pertama pendidikan untuk penyuluhan kesehatan.
Kedua meningkatkan mutu pelayanan kesehatan bagi anak-anak sekolah, ketiga dapat menciptakan lingkungan sekolah yang sehat,”Tegas Apolonia.
Pelatihan ini juga melibatkan bapak, ibu guru UKS serta anak-anak murid dari setiap perwakilan sekolah calon Dokter kecil akan dibekali pengetahuan dan ketrampilan yang dapat berperan sebagai Dokter,tugas dan kewajiban Dokter kecil, melaksanakan apa itu P3K.
Masih menurut Apolonia, dalam pedoman pelaku P3K dikenal dengan istilah PATUT.
Kesehatan bagi anak-anak sekolah gigi dan mulut, bagi bapak ibu UKS dan Calon Dokter kecil.
Inti dari kegiatan ini adalah menjadikan kita sebagai generasi mandiri dalam bidang kesehatan. Dari yang tidak tahu menjadi tahu dan mampu menolong dirinya sendiri didalam bidang kesehatan, sehingga yang menjadi indikator utamanya adalah orang yang sehat, orang yang sakit menjadi sehat. Harta yang paling berharga harus mampu mengupayakan dan di lestarikan.
Saat di temui awak media, Apolonia mengatakan kegiatan ini dilakukan dan di wakilkan dari empat belas sekolah dasar yang ada di Kecamatan Larantuka, harapan Apolonia sebagai PLT Puskesmas Nagi bahwa kita harus mampu memberikan pemahaman serta Sosialisasi kepada anak-anak sekolah dasar sejak dini karena mereka merupakan generasi penerus bangsa,”imbuhnya.
Dalam kegiatan Pelatihan Dokter kecil yang di ikuti oleh 14 sekolah pada Kecamatan Larantuka dihadiri oleh PLT Puskesmas Nagi Apolonia Layu,Amd.Kep.Pegawai Puskesmas Nagi, Guru serta siswa Sekecamatan Larantuka. (*Tim)

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terkini

To Top