Berita Utama

PEMDA FLOTIM TEMUI KPU RI MINTA GESER JADWAL PEMILU SERENTAK 2019

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

LARANTUKA, METROTIMOR. com–Rangakain Tri Hari Suci Perayaan Samana Santa bagi umat Kristiani di Larantuka Flores Timur, didahului dengan Perayaan Lamentasi mengenang ratapan Nabi Yeremia. Perayaan yang kenal dengan sebutan Rabu Trewa itu, buat Umat Nasarani di Flores Timur merupakan sebuah tradisi Gereja Katolik yang terjadi secara rutin setiap tahun, tidak bisa terpisahkan satu dengan yang lainnya. Puncak dari perayaan itu terjadi pada hari Jumad Agung. Hari dimana semua Umat Nasarani di Larantuka, Flores Timur khususnya dan dunia umumnya berkabung, mengenang Wafatnya Isa Almasih Sang Juru Selamat, Yesus Kristus melalui sebuah ritual keagamaan dan prosesi akbar mengelilingi Kota Larantuka, yang juga menyedot perhatian dunia.

Karena itu Pemerintah dan Dewan memandang perlu menyampaikan aspirasi umat Nasarani di daerah ini kepada KPU Pusat sebagai Lembaga yang memegang otoritas menyelenggarakan Pemilu serentak tahun depan; Karena bertepatan dengan hari dimana umat nasarani mengikuti ibadah di Gereja.

Terkait hal ini, delegasi Flores Timur telah menemui Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) pusat di Jakarta, Hari Selasa, (02/10). Delegasi yang dipimpin langsung Bupati Flores Timur, Antonius H. Gege Hadjon, ST, juga mengikutsertakan Ketua DPRD Flotim, Yoseph Sani Bethan, ST dan Para Ketua Fraksi DPRD Flotim, Sekda Flotim, Anton Tonce Matutina, BA. SH; Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Flotim, Abdu Razak Jakra, SH; Pimpinan OPD terkait, Romo Deken Larantuka, RD. Bernadus Kerans,Pr; Ketua MUI Flotim, Ahmad Bethan, SH. M.AP; Komisioner KPU Flotim, Komisioner Bawaslu Flotim dan Perwakilan Pimpinan Partai Politik peserta Pemilu Tahun 2019.

Agenda utama pertemuan itu dimaksudkan untuk menyampaikan Aspirasi Umat Nasarani di daerah ini terkait Penyelenggaraan Pemilihan Umum serentak untuk pemilihan Presiden dan Legislatif yang jatuh pada Hari Rabu, 17 April 2019 yang bertepatan dengan Perayaan Semana Santa, Tri Hari Suci umat nasarani yang dimulai pada hari Rabu Trewa itu.

Para Delegasi Flores Timur itu, berhasil menemui Komisioner KPU Pusat Pramono Ubaid Tanthowi dari Devisi Perencanaan, Keuangan dan Logistik. Dalam pertemuan itu Bupati Anton Hadjon menyerahan bahan aspirasi kepada Komisioner KPU Pusat tersebut untuk dibahas ditingkat KPU Pusat.

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten Flores Timur dan DPRD Flotim serta Pemangku kepentingan di Flotim perlu menyampakan aspirasi itu mengingat pada tanggal tersebut Umat Nasarani di Kabupaten Flores Timur khusuk mempersiapkan diri mengikuti perayaan lamentasi mengenang ratapan Nabi Yeremia. Hal ini dimakasudkan agar Pemilu yang diselenggarakan dihari yang sama tidak mengganggu konsentrasi Umat untuk mengikuti perayaan tersebut.

menananggapi hal itu, Komisioner KPU Pusat, Pramono Ubaid Tanthowi menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Flores Timur dan DPRD Flotim serta semua pemangku kepentingan yang telah menyampaikan aspirasinya kepada KPU pusat.

Terkait aspirasi itu Ia mengatakan, selama ini KPU menyusun jadwal dan tahapan Pemilu berdasarkan pada kalender yang ada. Karena itu dengan aspirasi yg disampaikan ini, pihaknya akan membawanya dalam rapat pleno di Tingkat KPU Pusat; Karena itu Ia menyarankan agar pihak Pemda Flotim juga menyampaikan aspirasi yang sama kepada Menteri Dalam Negeri dan Menteri terkait, Bawaslu Pusat dan Komisi II DPRI.

“Harapan kami pihak Pemda Flotim juga dapat menyampaikan aspirasi ini kepada Menteri Dalam Negeri dan Kementrian terkait lainnya, Bawaslu Pusat, Komisi II DPRI, sehiingga pada saatnya nanti di bawa ke rapat DPRI semua pihak berwenang sudah mengetahui substansi aspirasi yg dibawakan oleh Pemda Flores Timur, katanya

Pertemuan itu di akhiri dengan
penyerahan bahan aspirasi dari Bupati Anton Hadjon kepada Komisioner KPU Pusat Pramono Ubaid Tanthowi dari Devisi Perencanaan, Keuangan dan Logistik.

Perlu diketahui penyampaian aspirasi itu didahului dengan surat yang dilayangkan oleh Pemerintah Kabupaten Flores Timur yang ditujukan kepada Pimpinan KPU pusat. Surat bernomor Pem.130/76/Pem.Umum/2018, Tanggal 25 September 2018, ditandatangani Bupati Flores Tumur, Antonius H. Gege Hadjon, ST, dengan Perihal Permohonan tatap muka dan dialog bersama delegasi Flores Timur terkait Pemilu serentak Tahun 2019.
Surat dimaksud tembusannya disampaikan kepada Gubernur NTT, Wakil Bupati Flores Timur, Ketua DPRD Flores Timur, Inspektur Daerah Flores Timur, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Flores Timur, Ketua KPU Propinsi NTT, Ketua Bawaslu
Propinsi NTT, Ketua KPU Kabupaten Flores Timur dan Ketua Bawaslu Kabupaten Flores Timur. (*tim)

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terkini

To Top