Berita Utama

Kenaikan Tarif PDAM TTS Untuk Peningkatan Pelayanan.

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

SoE,METROTIMOR.com– Ditanya Polemik Pelangan PDAM TTS yang mengeluhkan Kanaikan Tarif PDAM,  Jumat,(28/09/2018)  Direktur  Perusahaan Daerah Air  Minum (PDAM ) Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Kepada Wartawan di Ruang Kerjanya.
Direktur PDAM TTS Lely Billy – Hayer S.E Di dampingi Oleh Tim Pengawas Simon Raja Pono,Kabag Administrasi Keuangan Markus Fallo,Kasubag Administrasi Keuangan Elisabet Bisinglasi, Susi Nitbani Kasubag Adminidtrasi Umum,Charli Muloko Staf Keuangan,sekaligus Konseptor tarif, dan juga Lunu Misa Kasubag Perencanaan.
Direktur PDAM TTS Kepada Wartawan mengungkapkan bahwa  Kenaikan Tarif Air Minum bagi Pelanggan terhitung bulan September 2018.

Dikatannya,  Kenaikan tarif ini diberlakukan  untuk semua klasifikasi pelanggan Air Minum dengan presentasi kenaikan lebih dari 200 persen.
Untuk Klasifikasi pelanggan Rumah tangga A naik dari Rp 800 menjadi Rp 2.000/meter kubik, Klasifikasi B naik dari Rp 1.350 ke Rp 4.350/meter kubik,  Sementara untuk klasifikasi C/Niaga naik dari Rp 2.500 ke Rp 6.300/meter kubik.
Pihaknya mengungkapkan  kenaikan tarif ini terpaksa dilakukan untuk penyesuaian kebutuhan operasional layanan dan juga eksistensi perusahaan Pemda TTS.
Lely menambahkan bahwa dengan beberapa pertimbangan sehingga kita menaikan tarif pelanggan, Jika tarif tidak dinaikan maka kita prediksi Maret tahun depan perusahaan bisa tutup karena tidak bisa mampu lagi untuk membiayai kebutuhan operasional untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada pelanggan,
Untuk diketahui  jumlah pelanggan Pada PDAM TTS sebanyak  7.135 setiap  bulannya PDAM TTS bisa mendapat Rp 395 juta hingga Rp 415 juta. Dengan pendapatan sebesar itu PDAM  tidak mampu memperbaiki pelayanan yang kini dialami perusahaan dengan banyaknya kerusakan jaringan pipa dimana-mana. Pendapatan PDAM juga setiap bulannya dibayar  kepada Karyawan sebesar Rp 275 Juta,biaya listrik Rp 60 juta.
Dan Pendapatan sisanya yang kita   gunakan untuk memperbaiki jaringan pipa yang bocor dimana-mana karena usia pipa yang sudah cukup lama. Jaringan pipa distribusi PDAM terpasang pada tahun 1980-an sehingga butuh perbaikan rutin dan pergantian dibeberapa titik.

Kenaikan tarif ini  kita sudah analisa secara teknis dan pembahasan bersama delapan dinas terkait  hingga pada akhirnya tarif baru tersebut ditetapkan dengan Surat Keputusan (SK) Bupati TTS sebagai pemilik Perusahaan dengan nomor : 343/kep/HK/2018 tanggal 10 September 2018 tentang penetapan tarif air minum PDAM kabupaten TTS.
Kenaikan Tarif ini mengacau  pada Permendagri nomor 71 tahun 2016 yang mensyaratkan  pertinjauaan tarif air setiap tahun dengan melihat kondisi upah dan pendapatan masyarakat di daerah.
Ketika kita melihat juga dari sisi Upah pendapatan masyarakat kabupaten TTS yang sebesar Rp 1.660.000

Dan memungkinkan untuk dinaikan tarif air karena sesuai aturan tersebut tarif air paling besar naik 4 persen dari UMP. kalau dihitung dari UMP, kenaikan tarif itu hanya 3,1 persen. tidak sampai batas maksimal 4 persen. dibanding daerah lain di NTT, tarif kita paling rendah ucapnya.
Sementara juga Soal SK  tarif baru tersebut  juga SK lain yang diterbitkan bupati TTS yakni SK dengan  nomor 346/kep/HK 2018 tentang penetapan hak, kewajiban dan larangan bagi pelanggan PDAM TTS.
Sementara Dewan Pengawas PDAM TTS Simon Raja Pono mewakili pelanggan pengawas  mengatakan dengan tarif baru tersebut PDAM TTS harus memberikan yang maksimal  kepada  masyarakat.

Ia bergarap juga kondisi air macet-macet harus teratasi, jika pada bulan kemarau saat debit air mengalami  penurunan PDAM juga harus mampu bisa mengatur distribusi air dengan baik agar meski air kurang tapi semua jalur distribusi ke pelanggan harus terbagi merata.
Selain itu Lely menambahkan bahwa dari pendapatan tarif baru itu baru akan bisa kita Gunakan, dan   sejak bulan November 2018 ini, kuta akan perlahan-lahan mengatasi persoalan-persoalan yang tengah dihadapi yakni perbaikan jaringan dan pergantian pipa yang rusak karena usia.
Lely berharap Agar para pelanggan juga mengerti akan persoalan ini dan turut mendukung sehingga apa yang direncanakan tercapai sehingga pelayanan pada PDAM TTS kembali Normal dan maksimal,tetapi ini tidak secapatnya kita sulap  tapi butuh waktu.Karena ada hal-hal Teknis yang perlu kita benahi,jadi Kenaikan tarif ini tujuannya untuk peningkatan Pelayana.(Jekson Faot)

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terkini

To Top