Berita Utama

Tragis!! Soal LDAK, KPU Tolak  Alasan PAN Dan Demokrat. Keduanya Terancam Gagal Mengikuti Pemilu 2019 

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Larantuka, METROTIMOR.Com- Keputusan Hasil Pleno Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Flores Timur (Flotim) secara tegas menolak alasan keterlambatan Laporan Dana Awal Kampanye (LDAK)  oleh Partai Demokrat serta Partai Amanat Nasional.

Hal ini menjadi terang-benderang  pada Rapat Evaluasi Laporan Pertanggungjawaban Keuangaan Pilgub 2018 lalu Selasa, (25/09/2018) bertempat di gedung Gelekat Nara Kelurahan Pohon Bao Kecamatan Larantuka.

Ernesta Katana selaku Ketua KPUD setempat dalam pernyataanya mengatakan sesuai PKPU Nomor 24 batas akhir memasukan LDAK parpol  pada tanggal 23 September 2018 pukul 18.00.

“Berdasarkan PKP Nomor 24 sudah  sudah dinyatakan secara jelas bahwa akhir dari penyampaian awal dana kampanye itu pada tanggal 23 pukul 18.00” sebutnya

Selain berdasarkan landasan PKPU, jauh-jauh hari KPU secara kontinyu terus membangun komunikasi secara intens dengan pimpinan partai.

“Segala upaya sudah kami lakukan untuk memaksimalkan. Melalui surat resmi, melalui komunikasi lisan,telpon dan via WA untuk memastikan kepada mereka segera memasukan Laporan Dana Awal kampanye. Namun sampai pukul 18.00kedua partai itu tidak memasukan” tegas Erni Katata

Tidak sampai di situ, ia juga menjelaskan kronologis kedatangan serta keterlambatan LDAK Demokrat dan PAN. menurutnya bukan persoalan menit keterlambatan tetapi lebih pada kepatuhan pada regulasi yang ada.

“Partai demokrat  datang ke kantor KPU pukul 18.02. Sedangkan PAN ke kantor KPU pukul 18.20.  Bukan soal satu atau dua puluh menitnya, tapi ketentuan itu sudah mengatur pada pukul 18.00” papar Ketu KPU.

Ia melanjutkan, KPU secara tegas menolak LDAK sejak tanggal 23 September 2018. Meski demikian, KPU perlu memanggil pimpinan partai untuk dikalrifikasi, sesuai dengan ketentuan PKPU No.29 Pasal 71.

Masih menurut Erni, berangkat dari klarifikasi keputusan finalnya akan diketahui dalam Rapat Pleno. Hasil.pleno itu sendiri memutuskan Menolak.

“Dari kemarin siang sampai tadi malam itu kami melakukan rapat pleno. hasil rapat pleno kami memutuskan Menolak klarifikasi dari kedua partai. Partai yang lolos sebanyak 14 partai” sebut Erni Katan.

Masih menurut Erni, KPU Flotim dalam waktu dekat meminta KPU RI memberikan sannksi kepada kedua Partai. Karena, urusan sanksi bukan wewenang KPU Kabupaten.

Ketua Partai Amat Nasional  (PAN) Flotim Rofinus Kabelen ketika dikonfirmasi Metrotimor.Com enggan berkomentar lebih jauh. Sementara Pimpinan Demokrat Anis Paru, sulit dihubungi. (*tim)

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terkini

To Top