Berita Utama

PEMKAB FLOTIM Hibahkan Tanah Kepada Kementerian Perikanan Dan Kelautan RI.

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

LARANTUKA, METROTIMOR.Com-Pemerintah Kabupaten Flores Timur (Pemkab) menghibahkan sebidang tanah kepada Kementerian Perikanan dan Kelautan Republik Indonesia.

Pemberian lahan seluas 56,5 m x 23 m bersebelahan dengan Kantor Perikanan dan Kelautan Kabupaten Flores Timur  Kelurahan Pantai Besar Kecamatan Larantuka

Lahan tersebut  rencananya akan dibangun  Kantor Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Kabupaten Flores Timur .

Dalam naskah perjanjian hibah Nomor : BKD/593/135.a/ASET/2018 dan Berita acara serah terima aset Nomor : BKD/008/135.b/ASET/2018 yang ditandatangani Bupati Flores Timur, Antonius H. Gege Hadjon, ST itu diserahkan oleh Wakil Bupati Flores Timur, Agustinus Payong Boli, SH kepada  Sekretaris Jenderal Kementerian Perikanan dan Kelautan RI, Ir. Nilanto Perbowo, Msc yang juga menjabat sebagai Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan pada acara peresmian Kantor baru Station Pengawasan sumber Daya Kelautan Perikanan Kupang oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Perikanan dan Kelautan RI, Ir. Nilanto Perbowo, Msc bertempat di Kelurahan Alak, Kecamatan Alak, Kota Kupang- NTT, Kamis (06/09/2018).

Hadir pada acara tersebut Kadis Kelautan dan Perikanan Propinsi  NTT Ganef Wurguyanto, Kadis Kelautan dan Perikanan Kabupaten  Flores Timur, Ir. Erna da Silva dan Kepala Bagian Humas Setda Flotim, Heronimus Lamawuran, S Sos serta para pejabat dilingkungan Pemerintah Propinsi NTT.

Wabup Agus Boli dalam sambutannya mengatakan pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan sebagai
bagian dari upaya kita dalam mengawasi wilayah perairan laut provinsi NTT yang idemikian luas. Sebagai daerah kepulauan, pengembangan bidang kelautan dan perikanan sangat potensial dan prospektif dan tentunya
menjadi primadona penghidupan masyarakat.

Meski demikian Ia menyayangkan karena masih terdapat juga oknum yang tidak bertanggungjawab yang masih melakukan tindakan destruktive fishing termasuk di wilayah perairan Flores Timur.

Wabup Agus Boli melaporkan beberapa
langkah dan kebijakan yang diambil Pemerintah Kabupaten Flores
Timur, terkait upaya pengawasan dan penanganan masalah perikanan di Kabupaten Flores Timur pada tahun 2017-2018, antara lain Penyelamatan Biota Laut yang dilindungi seperti Pari Manta,  pada tahun 2018, telah di lepasliarkan  5 ekor  jenis Oseanik; Hiu Paus sebanyak 4 ekor; Penyu lekang 9 ekor;  pengamanan terhadap telur penyu sebanyak 1.986 telur yang berhasil menjadi tukik dan dilepasliarkan sebanyak 1.600 telur.
Biota laut lainnya yang juga berhasil diselamatkan adalah  1 ekor ikan duyung/dugong yang terkena pukat nelayan.

Kepada  Sekretaris Jenderal Kementerian Perikanan dan Kelautan RI, Ir. Nilanto Perbowo, Msc, Wabup Agus Boli  secara rinci menjelaskan Penanganan Kasus Ilegal fishing yang terjadi di Kabupaten Flores Timur yakni pada tahun 2017 terdapat 7 kasus yang ditangani dan diproses hukum antara lain  4 kasus ilegal fishing berupa 1 kasus penangkapan biota laut yang dilindungi dan 3 kasus dokumen kapal yang tidak lengkap. Sedangkan 3 kasus lainnya berupa destruktive fishing.

Ditahun 2018 ini juga terdapat 5 kasus yang ditangani dan diproses hukum, yakni 3 kasus ilegal fishing dikarenakan dokumen kapal yang tidak
lengkap dan 1 kasus transhipment fishing sedangkan 1 kasus lainnya adalah  destruktive fishing, berupa penggunaan potasium sianida.
Pemerintah Kabupaten Flores Timur, lanjut Wabup Agus Boli telah membentuk Tim Terpadu Pengawas Perikanan yang terdiri dari  Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Flores Timur, POLAIR Flores Timur, POLRES Flores Timur, Kodim 1624, TNI AL Pos Larantuka; PSDKP Flores Timur dan Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Flores Timur.

Sejalan dengan itu juga telah dibentuk 17 POKMAWAS Kecamatan dan POKMAWAS Desa sebanyak 25 desa.
“Inilah beberapa gambaran pengavwasan perikanan yang telah kami lakukan, kami sadari bahwa apa yang kami lakukan belum optimal karena berbagai kendala dan keterbatasan yang ada baik sarana dan prasarana.(**Tim)

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terkini

To Top