Berita Utama

UMK Lepas 30 Mahasiswa UMY Untuk Program KKN di TTS

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

KUPANG,METROTIMOR.com–Universitas Muhammadiyah Kupang (UMK) resmi melakukan pelepasan bagi 30 Mahasiswa asal Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) guna melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Tli’u, Kecamatan Amanuban Timur,Kabupaten TTS,Povinsi NTT ,Rabu,(4/7/2018), pelapasn itu digelar  di ruang pertemuan senat Universitas Muhammadiyah Kupang.

Ketua LP3M Universitas Muhammadiyah Kupang, Drs. Arifin Djenawa, M.Pd,kepada CakrawalaNTT mengatakan bahwa KKN ini merupakan KKN yang dilakukan oleh UMY dengan sasaran lokasi yakni di kabupaten TTS maka kita dimintai dari UMY untuk memfasilitsi para mahasiswa yang akan melakukan KKN disana terkait dengan pemberian arahan serta petunjuk teknis terkait lokasi tujuan.

Dikatakan, program-program yang akan dilaksanakan di lokasi KKN guna menemukan persoalan pokok yang dihadapi oleh masyarakat di desa setempat.

Arifin juga berpesan kepada para mahasiswa agar beradaptasi dengan masyarakat di desa tersebut dan yang paling penting persoalan apa saja yang sangat dibutuhkan masyarakat disana yang belum terpenuhi baik itu masyarakat maupun pemerintahan tingkat paling bawah yakni desa ,kecamatan maupun kabupaten setempat,dengan  kehadiran mahasiswa ini bisa membantu.

“ intinya sasaran mereka disana adalah berapa permasalahan pokok, diantaranya pertanian yang berkaitan dengan kondisi lahan kering kira-kira apa saja yang cocok untuk bisa dibangun di desa tersebut, di bidang peternakan juga saya meminta agar para mahasiswa yang basic ilmunya di peternakan juga bisa membantu masalah-masalah yang dihadapi terkait dengan peternakan di desa tersebut,masalah pendidikan juga kita mengharapkan agar bisa memberikan semangat kepada masyarakat desa disana dengan technology pembelajaran yang menyenangkan yang bisa diterapkan di desa,” kata Arifin.

Masih menurut Arifin,  masalah kesehatan khususnya tentang air bersih ,diharapkan agar mahasiswa bisa memberikan solusi yang terbaik .

Dirinya juga menghimbau kepada ke-30 mahasiswa agar pro aktif dalam membantu masyarakat desa disana, serta mampu beradaptasi dengan masyarakat desa agar kehadiran mereka disana bukan sebagai orang asing tetapi sebagai sahabat dan keluarga mereka sendiri.

Arifin juga berharap ada kerja sama yang baik antara mahasiswa dengan pemerintah desa,kecamatan dan Kabupten agar ada keharmonisan serta ada terobosan yang benar di bangun oleh mahasiswa KKN dari UMY .

Ketua Kelompok Dharma Cita Nusantara, KKN Mandiri Tematik  daerah 3T (Terdepan,Terluar dan Tertinggal) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Muhammad Tri Widodo, mengatakan bahwa  pelaksanaan KKN ini akan berlangsung selama dua bulan terhitung sejak 9 juli-7 September 2018.

“untuk wilayah NTT ini merupakan yang kedua kalinya mahasiswa UMY melaksanakan KKN  Mandiri Tematik di Daerah 3T, Yang pertama itu di Kabupaten Manggarai sedangkan pada tahun ini kami sebanyak 30 Mahasiswa lintas jurusan yang akan melaksanakan KKN di Desa Tli’u,Kec.Amanuban Timur,Kab.TTS”. cetusnya

Widodo juga menjelaskan bahwa KKN Tematik Mandiri ini melanjutkan program dari Majelis Permusyarawatan Masyarakat PP Muhammadiyah.

Widodo juga menambahkan bahwa program –program yang mereka lakukan di lokasi KKN diantaranya Pendidikan,Kesehatan,Pertanian,Ekonomi dengan cara memberikan sosialisasi serta pemahaman terhadap masyarakat setempat. “khusus terkait dengan pendidikan Widodo mengatakan bahwa akan membantu untuk mengajar di sekolah yang ada di desa tersebut dan sekaligus juga menyediakan buku-buku dengan berbagai judul yang akan dibuatkan taman baca disana guna meningkatkan budaya literasi ’’,Katanya.

‘’Sebagai mahasiswa kami sangat bangga karena ini merupakan bentuk pengabdian kami terhadap masyarakat dan juga melaksanakan tri darma universitas sekalipun dengan situasi dan lokasi yang cukup menantang, Alhamdulilah semuanya akan tetap berjalan lancar’’.

Dalam acara pembekalan sekaligus pelepasan mahasiswa KKN UMY hadir Wakil rector 1, Abdul Majid,S.Pi., MM, ,wakil rector III, Drs.Kenedi, M.Pd, Ketua LP3M, Drs. Arifin djenawa. (**Lenzo)

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terkini

To Top