Berita Utama

Warga Inguinak Sambut Paket Lontar, Makanan Khas Pulau Rote.

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Rote Ndao,METROTIMOR.com— Warga Ingguinak, Midosinal dan Temas meminta Calon Bupati dan Wakil Bupati Rote Ndao Bima Theodorianus Fanggidae dan Erenst S.Z Pella dapat mengembalikan Budaya Rote Ndao yang dalam kurun waktu beberapa Tahun terakir ini sudah mulai pudar akibat tergerus oleh pesatnya perkembangan Teknologi.

Hal itu maneleo Henutein Joni Tungga saat menerima kedatangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Dari Paket Lontar ketika hendak menyampaikan kampanye Dialogis bersama warga tiga Desa tersebut di Dusun Takaoen Desa Ingguinak kecamatan Rote Barat Laut Kamis, (08/03/2017) siang

Dikatakannya, Budaya Rote Akir -akir ini sudah mulai dilupakan oleh generasi baru, ini disebabkan kurangnya peran pemerintah dalam melestarikan Budaya Rote Ndao yang merupaka warisan leluhur Terdahulu.

Dalam Kunjungan tersebut, Cabup dan Cawabup Paket Lontar Disuguhi minuman Khas Rote berupa air Nira yang dalam bahasa Rote Ndao disebut Tuak dan juga sayur Marungga.

Yang unik dalam seremonial itu adalah, semua bahan Makanan maupun minuman disuguhkan menggunakan bahan alami yang terbuat dari Pohon Lontar itu sendiri.

Menurut Joni Tungga, Pohon Lontar oleh para leluhur biasa disebut pohon kehidupan, karena dari Pohon Lontar, masyarakat Rote Ndao dapat bertahan hidup sampai dengan saat ini.

Hasil sadapan Pohon Lontar secara Turun temurun dijadikan sebagai Sumber kehidupan bagi masyarakat Rote Ndao, bahkan juga dipakai untuk melindungi orang Rote dari Panas dan Hujan Badai sehingga keturunan orang Rote masih bisa bertahan hidup hingga saat ini.

Namun sayangnya, Budaya peninggalan leluhur ini tidak dilestarikan dengan baik, bahkan Budaya minum Tuak ini luput dari perhatian pemerintah Rote Ndao saat ini.

Untuk itu, Joni berharap agar Jika nantinya Paket Lontar Terpilih sebagai Bupati dan Wakil Bupati Rote Ndao Pada tanggal 27 Juni mendatang ndatang, dapat melestarikan Budaya Rote Ndao ini, terlebih terkait dengan Budaya sadap Pohon Lontar.

Tidak hanya itu, Joni juga meminta agar, Paket Lontar diharapkan mampu meningkatkan Ekonomi para penyadap Pohon Lontar.

“Saya minta supaya kalau Bisa Paket Lontar kususnya Calon Bupati yang adalah Pengusaha mampu mendatangkan investor yang dapat menampung hasil Sadapan Pohon Lontar ini, sehingga tidak hanya Dijadikan Gula Air seperti yang selama ini sudah dikerjakan oleh Masyarakat Rote Ndao” kata Joni.

Untuk diketahui dalam setiap kesempatan Kampanye diberbagai Tempat, Calon Bupati Rote Ndao, Bima Theodorianus Fanggidae selalu mngatakan bahwa Air Lontar yang sering disebut Tuak oleh masyarakat Rote Ndao sesungguhnya tidak hanya bisa dijadikan Gula Air dan Produk turunan lainnya, atau dijadikan Minuman Lokal jenis Sopi namun sebenarnya dapat juga diolah untuk dijadikan Produk lain dengan harga yang cukup tinggi.

Untuk itu, Bima berjanji, jika nanti terpilih untuk memimpin Rote Ndao lima tahun kedepan, ia akan mendatangkan investor yang akan berinvestasi di Kabupaten Rote Ndao yang bergerak Kusus sektor ini

Selain itu, saat ini sudah ada 27 Investor yang berkeinginan untuk berinvestasi di Kabupaten Rote Ndao jika nanti Paket Lontar terpilih sebagai Bupati dan Wakil Bupati Rote Ndao. (beritantt/tim)

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terkini

To Top