Berita Utama

Di Rote Ndao, Polisi Jadi Perpustakaan Keliling.

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

ROTE NDAO, METROTIMOR.Com– Sumantri adalah seorang anggota polisi berpangkat Brigadir Polisi (Brigpol) dan sebagai pemerhati pendidikan di wilayah Kabupaten Rote Ndao, provinsi NTT. Selain itu, ia menjadi perpustakaan keliling bagi warga Desa binaan dan wilayah sekitarnya.
Sumantri menuturkan, sejak 2013 dirinya menjabat sebagai Polisi masyarakat (Polmas) di Polsek Lobalaian. Bertugas di wilayah kelurahan Namodale dan Desa Oelunggu.
” Saya bertugas di kota selalu berbaur dengan masyarakat dan kerap kali memberikan pencerahan bagi masyarakat terkait konsumsi miras. Sebab, dampak dari miras itu maka masyarakat buat onar. Oleh karena itu, masyarakat harus menjadi polisi untuk dirinya sendiri.
Biasanya kalau ada persoalan, masyarakat selalu menghubungi saya.

Namun, saya berpikir dengan melakukan terobosan menjadikan perpustakaan bagi masyarakat,” tuturnya.
Tahun 2015 dirinya menjabat lagi menjadi Bhabimkamtismas di lima desa, di wilayah hukum Polsek Lobalain. Setiap hari ia mengendarai sepeda motor Bhabimkamtibas mengunjungi masyarakat di desa.

Sumantri memberikan pemahaman bagi masyarakat tentang masalah kamtibmas. Sejak tahun 2017 secara bergantian mengikuti kebaktian di sejumlah gereja yang ada di Rote Ndao Masyarakat setempat menyambutnya dengan antusias meski Sumantri beragama Islam.
“Biasanya seusai kebaktian saya berikan pesan kepada masyarakat di dalam gereja mengenai masalah kamtibmas.Sesui dengan program Polres Rote Ndao ( door to door system Polres beriman).
Sumantri menyisahkan pengelamannya, sekitar bulan Desember 2017 dirinya pergi ke luar kota Baa, sampai di pasar Metina bertemu dengan seseorang tengah mengemas buku kurang lebih satu karung untuk di jual ke kota Kupang. Dikala itu, dirinya bertanya kepada orang itu berapa judul buku dan harganya berapa. Ternyata buku itu terdiri dari pelajaran SD dan SMP dengan harga Rp 600.000 .

Sumantri tidak tawar menawar tapi langsung membayarnya.
Dengan begitu, buku-buku itu mulai dari masyarakat umum, anak sekolah dan dewasa jadi rebutan untuk pinjam dan membacanya.
Sumantri pun memiliki hobi membaca, ia tiap hari keliling keluar masuk gang dan dusun dengan sepeda motornya membawa buku dan menjadi perpustakaan.
Ia mengadari bahwa ilmu pengetahuan begitu penting sehingga masyarakat bisa menambah wawasan.
Apri Ndun siswa SMPN 5 Lobalain, dirinya merasa senang karena bisa dapat meminjam buku pelajaran Matematika kelas IX untuk mempersiapkan diri mengikuti ujian nanti, seraya bercita-cita jadi dokter.(**mtc01)

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terkini

To Top