Berita Utama

Pencairan Dana Desa Tahap II Kab. TTS, Terancam Batal.

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

SOE,METROTIMOR.COM— Kepala Dinas Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Oktovianus Nabuasa Yang dikonfirmasi Metrotimor.com diruang kerjanya Pekan lalu mengaku bahwa Untuk Tahap Pertama (1) Dana Desa itu II Desa yang belum cair sedangkan yang lain sudah ditandatangani

Kedua Desa Tersebut adalah Desa Kaeneno Kecamatan Fautmolo,Desa Bonle’u di Kecamatan Tobu.

Di desa Kaeneno Kecamatan Fautmolo Persoalannya SPJ Tahun 2015.
Kalau di Desa Bonle’u,Kendalanya SPJ 2015,SPJ,2016,Laporan konsolidasi penggunaan Dana Desa,Laporan pertanggung akhir Tahun,Laporan realisasi,Output Dana Desa 2015. Dan ke 8 syarat ini salah satu yang tidak terpenuhi maka tidak bisa juga untuk mencairkan Keuangan Desa Tersebut.

Sesuai Regulasi Bupati bisa menjatuhkan sanksi administrasi dan untuk membuktikan bahwa Gagal dalam Pengelolaan Dana Desa itu harus di Audit Inspektorat kata Okto.

Sementara Tahap II, Okto Mengaku Belum ada yang pencairan Dana Desa Tahap II dan ini tergantung ketepatan realisasi.
” Tahap satu ( I ) 60 %. Penyerapan harus 75 % terhadap 60% tahap I baru bisa pencairan tahap II dan itu dibuktikan dengan laporan konsolidasi tahap I dan kalau laporan itu sudah ada baru ajukan SPP untuk tanda tangan baru bisa melakukan pencairan,” cetusnya.

Okto menegaskan bahwa Kedua Desa yang belum mencairkan dana Itu di diberikan upah mereka sebagai Efek Jerat.

Semenatara itu Ketua DPRD TTS Jean Neonufa Kepada Metrotimor.Com diruang kerjanya juga menegaskan dan meminta kepada aparat yang berwenang untuk segera mengaudit Ke II desa yang belum mencairkan dana Desa.

Jean pun juga mengakui bahwa di TTS masih sangat minim SDM Pengelola Keuangan Dana Desa dan Jean Meminta Kepada PMD untuk melakukan Pelatihan Penguatan Kapasitas Desa Dalam Pengelolaan Keuangan sehingga punya kemampuan dan mampu menyerap anggaran,
Selain itu jean menjelaskan bahwa keterlamabatan pencairan dana Desa tersebut juga dari faktor minimnya SDM itu sangat berpengaruh kata Jean. (Jakson Faot)

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
RoteOnline Google Play
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terkini

To Top