Berita Utama

Dekranasda Rote Ndao Gelar Pelatihan Bagi Warga Nusakdale

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

KUPANG,–Sebagai upaya pelestarian budaya yang perlahan tergerus arus modernisasi, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Rote Ndao, menggelar pendidikan dan pelatihan bagi warga Desa Nusakdale, Kecamatan Pantai Baru, Kabupaten Rote Ndao, tentang cara membuat Ti’ilangga (Topi Rote-Red).

Pelatihan yang diikuti 15 orang ibu itu, digelar di Dusun bengubelan II, Desa Nusakdale, Kecamatan Pantai Baru, dan rencananya akan berlangsung selama 5 hari, yakni sejak tanggal 27 November 2017 sampai 01 Desember 2017.

Ketua Dekranasda Kabupaten Rote Ndao, Paulina Haning Bulu, S.E, saat membuka kegiatan pelatihan, mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk melatih ibu-ibu agar terampil dalam membuat kerajinan tangan khususnya Ti’ilangga yang adalah ciri khas Rote Ndao.

“Semoga bermanfaat bagi ibu-ibu sekalian dan bisa mendongkrak ekonomi keluarga dengan keahlian dan kreatifitas yang ada”, ungkap Paulina.

Dia berharap, para peserta yang dilatih dapat menularkan ilmunya kepada semua masyarakat Desa Nusakdale khususnya generasi muda, pasalnya, generasi muda saat ini lebih familiar dengan kecanggihan teknologi seperti gadget dan lain sebagainya, ketimbang melestarikan budaya.

“Ti’ilangga adalah ciri khas orang Rote, ibu-ibu setelah ini ajar anak biar bisa bikin Ti’ilangga, jangan hanya bisa main Handphone “, ujar Istri Bupati Rote Ndao itu.

Lebih lanjut Paulina Haning, meminta pemerintah Desa Nusakdale memberdayakan peserta yang sudah dilatih agar tetap terampil, berdaya saing dan ekonomis.

“Pemerintah desa dorong mereka (peserta) dengan dana, kemudian membantu memasarkan hasil karya mereka ke luar daerah “, Pinta Paulina.

Terpisah, Bhabinkamtibmas Desa Nusakdale, Briptu, Sinto Simson Malelak, kepada awak media mengatakan, kegiatan yang diselenggarakan Dekranasda Kabupaten Rote Ndao, memiliki nilai yang sangat positif.

“Ini merupakan bukti perhatian pemerintah kepada masyarakat, saya berharap kegiatan ini memberi dampak yang baik bagi perekonomian dan pelestarian budaya Rote di wilayah kecamatan Pantai Baru khususnya desa binaan saya, desa Nusakdale”, ungkap Sinto.

Dia berharap, dengan adanya kegiatan yang menekan angka pengangguran, berdampak baik terhadap kesejahteraan, keamanan dan ketertiban masyarakat di desa Nusakdale.

Seorang peserta, Damaris Pello, mengaku sangat senang bisa mengikuti kegiatan ini, karena menurut Dia, tidak mudah membuat topi tiilangga.

“Saya sangat senang ikut kegiatan ini, ¬†saya akan tekun biar bisa anyam tiilangga dengan sempurna “, pungkasnya.

Pantauan media, acara pembukaan Kegiatan pelatihan tersebut dihadiri kepala Dinas koperasi, UMKM,perindustrian dan perdagangan , Eduard Ndolu,
beserta rombongan, Camat pantai baru, Fons Chris Saek, S.Sos, dan masyarakat setempat. (Nyongky)

 

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
RoteOnline Google Play
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terkini

To Top