Berita Utama

Meriahkan Hut Ke-67, SMANSA Kupang Gelar Lomba Debat Bahasa Inggris

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

KUPANG, METROTIMOR.COM– Euforia kebahagiaan ulang tahun ke-67, Sekolah Menengah Atas Negeri Satu (SMANSA) Kupang, dirayakan dengan menggelar lomba debat bahasa Inggris antar sekolah menengah se kota Kupang.

Lomba yang mengusung thema “Debating for a better world” itu, diikuti oleh 10 sekolah menengah atas, baik negeri maupun swasta.

Sementara yang berlaga dalam debat tersebut sebanyak 18 tim, hal tersebut disebabkan karena ada sekolah yang mengirimkan perwakilannya lebih dari 1 tim.

Kepala sekolah SMANSA Kupang, Drs. Bapa Muda, saat membuka lomba debat, mengatakan, lomba debat bahasa Inggris bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam penguasaan bahasa Inggris.

“Berkompetisilah untuk menjadi yang terbaik”, ungkap Bapa Muda.

Terpisah, ketua panitia, Kristiani A. M Ragat, Siswa Kelas XII, IPA I, kepada awak media mengatakan, antusias sekolah yang ada di Kota Kupang untuk mengikuti lomba debat bahasa Inggris masih tergolong rendah.

“Kami mengundang 28 sekolah tetapi yang ikut serta dalam kegiatan ini hanya 10 sekolah”, jelas Kristiani.

Kendati demikian, Kristiani menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada sekolah yang telah berpartisipasi dalam lomba dimaksud.

“Ada beberapa sekolah yang tergolong masih baru dalam mengikuti debat tetapi mereka mampu menampilkan yang terbaik, saya salut dan beri apresiasi”, ujarnya.

Dia berharap, lomba yang digelar dapat berdampak positif bagi semua orang yang terlibat, baik guru, siswa maupun orang tua.

“Siapapun pemenang dalam SMANSA english debating championship 2017 ini, bisa menjadi panutan bagi remaja yang ada di Kota Kupang”, pungkasnya.

Mewakili Juri, Martha Yesidaneska Sooai, mengaku, sangat bangga melihat kemapuan para peserta lomba debat.

“Saya melihat mereka sangat lebih terlatih, dan lebih baik, dan layak ke tingkat nasional”, ujar Martha, debaters tingkat nasional tahun 2012.

Dia menghimbau, agar kegiatan ini rutin dilaksanakan sehingga dapat mengasah daya analisis serta meningkatkan kepercayaan diri siswa.

Pantauan media, sekolah-sekolah yang berpartisipasi dalam debat tersebut antara lain, SMA N I, SMA N 2, SMA N 3, SMA N 5, SMAK Dian Harapan, SMAK Citra Bangsa, SMAKO Flobamorata, dan SMAK Lentera.

Sedangkan yang bertindak sebagai juri berasal dari berbagai latarbelakang diantaranya, S. Yayang Sutomo, Diana Parera, Rexy Nunuhitu, Anrian Pah, Prasetyo A. S. Lonakioek dan Martha Yesidaneska Sooai. (*Yy/Nyongky)

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
RoteOnline Google Play
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terkini

To Top