Ekbis

Wow !!! Kadis Kebersihan Kota Kupang Sulap Sampah Jadi Sayuran Hijau

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

KUPANG, METROTIMOR.COM—Sampah merupakan masalah yang sangat krusial bagi kehidupan masyarakat perkotaan, namun hal tersebut tidak berlaku bagi Kepala Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup Kota Kupang. Betapa tidak, tumpukan sampah rumah tangga dan lingkungan di disulap menjadi deretan bedeng sayuran hijau tanpa pestisida dan zat kimia berbahaya.

Kepala Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup kota Kupang, Obed Kadji, kepada awak media di kantornya, Senin (10/7) mengatakan jika sampah tidak dikelola dengan baik maka sudah tentu akan menjadi masalah serius dan berkepanjangan, oleh karena itu pupuk Bokasi merupakan solusi yang ditawarkan, merubah sampah menjadi pupuk bokasi dan kemudian menjadi deretan bedeng sayur yang tumbuh subur.

“kebun yang kita buat di belakang kantor , kali ini kita ingin memberi contoh bukti manfaat bokasi itu bagaimana, tanaman segar atau tidak, dulu percontohan ini kita buat di polibek saja, bibit sayuran kita dapat dari Badan Ketahanan Pangan Kota Kupang, kedepan kebun percontohan ini akan saya serahkan ke dharma wanita untuk dikelola”, Urai Kadji.

Ide pembuatan kebun percontohan tersebut, lanjut Kadji, merupakan inisiatif sendiri sebagai bentuk motivasi kepada seluruh lapisan masyarakat Kota bawasanya sampah bukanlah sesuatu yang menakutkan dan mengancam tetapi dapat bermanfaat jika dikelola dengan baik.

“saya berharap masyarakat mulai memilah sampah organik, bawa ke kita trus kita olah menjadi bokasi kemudian kita kembalikan ke pemilik sampah 50% sehingga dapat dimanfaatkan untuk menghijaukan pekarangan rumah dengan sayuran atau bokasinya dapat dijual ke pasar”, jelas Kadji.

Selain sampah organik, menurut Obed Kadji, pihaknya dalam waktu dekat akan memberikan pelatihan kepada masyarakat tentang pengolahan sampah plastik menjadi batako.

“kalau sampah organik dan plastik sudah kita kelola dengan baik maka tentu persoalan sampah tidak lagi menjadi momok yang menakutkan bagi warga Kota”, ujar kepala dinas yang selalu aktif melakukan pembersihan dan pemeliharaan tempat umum di Kota Kupang. (Nyongky)

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
RoteOnline Google Play
RoteOnline Google Play
RoteOnline Google Play
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terkini

To Top