Ekbis

Jelang Lebaran, Harga Ayam di Pasar Inpres Naikoten Melambung

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

KUPANG, METROTIMOR.COM– Menjelang hari raya Idul Fitri, harga daging ayam di kota Kupang terus merangkak naik. Seperti di Pasar Inpres Naikoten, harga daging ayam potong dijual Rp 50.000 hingga Rp 60.000 per ekor.

Sebelumnya, harga daging ayam potong di kisaran Rp 35.000 hingga Rp 45.000 per ekor. Kenaikan daging ayam ini sudah berlangsung sejak dua pekan jelang Ramadan.

Akibat naiknya harga daging ayam, membuat para pedagang terpaksa mengurangi stok penjualan mereka.

“Sebelumnya setiap kali order sebanyak 400 ekor tetapi sekarang hanya 300 ekor, pembeli tambah rame tapi stok kurang”, ungkap Yunus Dira, seorang penjual ayam potong di pasar Inpres Naikoten, kepada Metrotimor.com, Sabtu (17/6/2017).

Kenaikan harga yang lebih dari 50% ini, di sebabkan karena kurangnya pasokan dari peternak. Sementara daya beli masyarakt meningkat jelang Idul Fitri nanti.

“Sekarang agak sepi kaka, soalnya harga naik, biasanya kami ambil dengan 30 – 35 ribu sekarang 45 sampai 50 ribu per ekor, terpaksa kami kasi naik harga jual di pasar”, pungkas Yunus.

Akibat kenaikan harga ini dan sepinya pembeli, membuat penghasilan pedagang daging ayam potong seperti Yunus menurun hingga 30% dari biasanya.

Menurut Yunus, jika pemerintah tidak menekan harga ayam di peternak , maka diperkirakan pada saat lebaran nanti harga ayam bisa mencapai 70 ribu per ekor.

Seorang konsumen yang ditemui saat berbelanja di pasar Inpres Naikoten, Amira, mengeluhkan harga daging ayam yang semakin meningkat tajam.

“Saya cukup kecewa dengan harga yang sangat melambung, kalau keadaan begini ya kita makan sayur saja”, ungkapnya sinis.

Dia berharap, pemerintah dapat menekan harga daging ayam dan harga kebutuhan pokok lainnya yang semakin mencekik. (Nyongky)

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
RoteOnline Google Play
RoteOnline Google Play
RoteOnline Google Play
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terkini

To Top