Berita Utama

Dokter Gadungan Asal Cina Dijerat Dengan Pasal Pidana Berlapis

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

BA’A, METROTIMOR.Com– Terduga dokter gadungan Lin Chui Cheng asal negara Cina dan Sinah asal  Depok , Jawa Barat, Indonesia dijerat dengan pasal pidana berlapis karena disangka telah melakukan tindak pidana penipuan. Yakni menjual obat verbal cina dengan harga sangat mahal.

Kini kedua terduga  ditahan di Polres Rote Ndao. Kapolres Rote Ndao, Polda NTT, Ajun Komisaris Besar Polisi  Murry Mirranda melalui pesan WhatsAppnya, menyatakan, kedua terduga penipuan jual obat ramuan verbal cina itu telah ditahan.

Setelah keduanya diperiksa, kata Mirranda, mereka mengaku bahwa bukanlah seorang dokter maupun perawat. Keduanya pun tidak ada surat izin edar obat .

“Kamipun telah melakukan pemeriksaan terhadap pihak Keimigrasiaan .Apakah warga negara Cina ini bermasalah atau tidak. Sebab, yang bersangkutan hanya menunjukan foto copy Visa dan foto copy   Pasport .Selain itu, kita juga berkoordinasi dengan Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten Rote Ndao untuk mengecek foto dan nomor HP yang bersangkutan apakah terlibat jaringan narkotika Internasional  dan hasilnya negatif tidak terlibat.Ada empat orang saksi yang telah diperiksa 3 orang dari Rote Timur dan 1 orang dari Lobalain.

Kedua terduga penipuan dijerat dengan pasal 296 Junto pasal 98 ayat (2) UU RI Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan. Pasal 62 ayat (1) Junto pasal 8 ayat (1) huruf I dan huruf J UU RI Nomor 8Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen.Pasal 104 Junto pasal 6 ayat (1) Subsidier pasal 106 Junto  pasal 24 ayat (1) UU RI Nomor 7 Tahun 2014 Tentang Perdagangan. Dengan ancaman maksimal 10 tahun penjara.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rote Ndao, drg.Suardi kepada wartawan mengakui belum mendapat laporan resmi dari  kepala Puskesmas Pantai Baru dan Puskesmas Rote Timur terkait ada warga yang beli obat verbal cina ilegal izin edar.

Meski demikian, dokter gigi Suardi mengingatkan warga di daerah itu untuk selalu berwaspada dan jangan cepat tergiur dengan beli obat verbal cina tanpa surat izin edar itu. Karena pemerintah daerah telah menyediakan fasilitas kesehatan gratis bagi warga yang sakit.(mtc01)

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
RoteOnline Google Play
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terkini

To Top