Humaniora

BPJS Berinovasi! Mendaftar JKN-KIS Sudah Bisa Lewat Telepon

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

KUPANG, METROTIMOR.COM– Melihat kondisi masyarakat dengan berbagai kesibukan dan keterbatasan waktu, BPJS Kesehatan berinovasi mengembangkan berbagai strategi guna meningkatkan pelayanan, yakni memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mendaftar sebagai peserta JKN-KIS melalui telepon.

 

Hal tersebut disampaikan kepala BPJS Kesehatan Cabang Kupang, Subkhan, SKM, M.Kes, dalam  jumpa pers di kantor BPJS Kupang, Senin (15/5/2017).

 

Subhkan mengatakan, saat ini calon peserta tidak perlu perlu mengantri panjang di kantor BPJS kesehatan, cukup dengan menghubungi BPJS kesehatan care center atau virtual service di nomor 1500-400.

 

Selain itu, lanjut Subhkan, peserta BPJS juga dapat memanfaatkan Care Center untuk memperoleh informasi, pengaduan, dan konsultasi dokter.

 

“Dalam layanan ini, peserta juga dapat melakukan perbaikan atau perubahan data kepesertaan baik itu nama, tempat tanggal lahir, jenis kelamin, nomor KK, NIK, alamat, email, nomor telepon, kelas rawat dan fasilitas Kesehatan tingkat pertama”, jelasnya.

 

Dia juga menghimbau kepada masyarakat pengguna layanan ini agar mempersiapkan sejumlah informasi yang nanti akan ditanyakan oleh petugas diantaranya nomor Kartu Keluarga, Nomor Induk Kependudukan, nomor rekening tabungan (BNI/ BRI/ MANDIRI), nomor HP, alamat domisili/ atau tempat tinggal ( untuk pengiriman kartu), serta alamat email.

 

Subkhan menambahkan, pendaftaran melalui telepon ini akan direkam kemudian para calon peserta akan dikirimi nomor virtual melalui nomor ponsel atau email. Setelah dirikirm, peserta diwajibkan membayar iuran pertama melalui bank dengan mekanisme auto debet untuk pembayaran selanjutnya. Usai membayar, kartu peserta telah aktif dan BPJS Kesehatan akan mengirim kartu peserta JKN-KIS ke alamat yang telah diinformasikan pada saat mendaftar

 

“Paling cepat 14 hari dan paling lama 30 hari setelah VA diterbitkan,” ujar dia

 

Sebagai informasi, sampai dengan saat ini Sudah terdapat kanal-kanal pendaftaran peserta  antara lain: 1). Pendaftaran langsung di kantor cabang BPJS Kesehatan, kantor layanan operasional kabupaten/ kota (KLOK) dan Liaison Office (LO), 2). Pendaftaran melalui aplikasi New e-DABU untuk kategori peserta pekerja penerima upah (PPU), 3). Pendaftaran online melalui website www.bpjs-kesehatan.go.id , 4). Pendaftaran melalui bank yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan (BIN, BRI, MANDIRI). (Nyongky)

 

 

 

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terkini

To Top