Berita Utama

BNNK Rote Ndao Lakukan Tes Urine Cegah Narkoba di Rutan Ba’a

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Rote Ndao, metrotimor.com- Sebagai upaya pencegahan penyalahgunaan Narkoba dan promosi gaya hidup sehat jauh dari Narkoba, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kab.Rote Ndao melakukan test urine bagi puluhan warga binaan, narapidana Rutan Kupang Cabang Rote Ndao,,Kampung Biru, Kelurahan Mokdale, Kota Baa, Kamis (16/3)

Selain kepada narapidana, test urine juga dilakukan terhadap para pegawai Rutan, agar dipastikan bahwa narapidana dan seluruh pegawai Rutan bebas dari Narkoba.

Setelah tim dari BNN dibantu oleh tim analis laboratorium kesehatan dari RSUD Ba’a dengan menggunakan alat rapid test manual melakukan pemeriksaan urine terhadap semua warga binaan Rutan kupang cabang Rote Ndao, hasilnya juga langsung diumumkan.

Usai pengumuman hasil test urine, Tim BNN juga secara singkat memberikan penyuluhan terkait gaya hidup sehat tanpa Narkoba kepada warga binaan dan pegawai Rutan.

Kepala BNN Rote Ndao, Mutsuhito Ngulu melalui Kepala Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat, Christian Dae Panie mengatakan, test urine yang dilakukan di Rutan merupakan langkah untuk mengkampanyekan gaya hidup sehat jauh dari Narkoba.

” Yang ingin kami capai dari kegiatan ini yakni menekan jumlah orang yang menggunakan narkoba” ujar Christian.

Selain itu, menurut Chris, langkah ini merupakan upaya membangun kesadaran warga tentang bahaya penyalahgunaan Narkoba.

Terkait hasil pemeriksaan, Christian mengatakan, dari jumlah narapidana sebanyak 77 orang yang mengikuti pemeriksaan dan  pegawai Rutan sebanyak 19 orang yang hadir, hasil test urine menyatakan semua negatif dan tidak menggunakan narkotika.

Ia juga mengatakan, test urine yang dilaksanakan atas permintaan Kepala Rutan.Jumlah pegawai Rutan sebanyak 22 orang dan 3 orang tidak mengikuti test dengan keterangan 1 orang sedang tugas luar daerah dan 1 orang sakit.Lanjutnya, ketiga pegawai yang tidak hadir, akan mengikuti test urine susulan di Kantor BNN Rote Ndao.

Terpisah, Kepala Cabang Rutan Kupang di Baa, Syahruddin Pulunga, kepada awak media membenarkan, pihaknya memang berinisiatif untuk melakukan test urine bagi jajaran pegawai maupun narapidana.

Menurutnya, langkah ini sebagai upaya pencegahan dan juga sudah merupakan program dari pusat dimana  pihaknya sebagai pegawai  di daerah tinggal melaksanakan saja.

Dikatakan pula, langkah yang diambilnya merupakan upaya mencouter isue yang beredar selama ini bahwa Rutan juga merupakan tempat peredaran narkoba. (Nyongk)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terkini

To Top