NEWS

Dinas PPO Kabupaten Kupang Gelar Workshop Bedah SKL Songsong UAN

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Oelmasi, Metrotimor.com– menyongsong ujian Akhir Nasional (UAN) Tahun pelajaran 2016/2017,  Pemerintah Kabupaten Kupang melalui Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga(PPO) Mengadakan Kegiatan WORKSHOP, Bedah  Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Mata Pelajaran UN-USBN Tingkat SMP/MTs bagi guru-guru SMP se-kabupaten Kupang.

Kegiatan tersebut rencananya akan diselenggarakan selama tiga (3) hari, dimulai tangga 6 hingga 8 februari 2017, bertempat di SMP Negeri  1 Kupang Timur.

Kepala dinas PPO kabupaten Kupang  Imanuel  M.E Buan, dalam sambutannya mengatakan  kegiatan Bedah SKL sangat bermanfaat bagi para guru untuk secara bersama-sama merancang soal ujian sekolah berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan  yang ditentukan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

“saya menghimbau agar para guru merancang soal-soal yang berbobot karena melalui kegiatan ini ada semacam sharing antara guru senior dengan guru lain yang baru pertama kali mengikuti kegiatan bedah SKL  agar berdiskusi bersama dalam pemecahan materi serta membuat soal  yang  baik”, pungkas Buan.

Buan menjelaskan, dalam kegiatan tersebut ada enam mata pelajaran yang akan dibedah antara lain, Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, IPA, IPS dan PKN, “saya berharap  setelah mengikuti kegiatan ini bapak ibu guru kembali untuk mengimplementasikan kepada teman guru lain yang tidak hadir dan disekolah melalui Kegiatan Belajar Mengajar(KBM) di kelas”, pinta Bukan.

Buan, juga menghimbau kepada para kepala sekolah dan guru yang masih berstatus honorer agar  menjalankan tugas  dan tanggung jawab secara profesional dan juga tertib dalam administrasi agar tidak melangkahi peraturan dan ketentuan yang berlaku, ” khusus kepada semua kepala sekolah agar mampu, serta cepat dan tepat dalam mengelola dana BOS sehingga penggunaan Dana BOS juga tepat pada sasaran”, tegas Buan.

Pada kesempatan yang sama Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S), Star B.Udju Edo,S.Pd, M.M,  juga  Kepala Sekolah SMP Negeri 1 kupang Timur mengatakan kegiatan bedah SKL sudah merupakan rutinitas setiap tahun menjelang Ujian Nasional,pada tahun ini agak berbeda dari tahun kemarin Karena  ada tiga mata pelajaran yang ditambahkan lagi dalam Kegiatan Bedah SKL ini, yakni  IPS, Agama dan PKN , sedangkan mata pelajaran agama menjadi tanggungjawab departemen agama.

Seorang nara sumber dalam kegiatan Bedah SKL, Lius Lailang, S.Pd, kepada awak media menjelaskan SKL yang di buat oleh Kementrian pendidikan itu merupakan rambu-rambu soal yang akan dipakai dalam menghadapi UN nanti ,ia meminta kepada guru-guru agar dapat membimming serta membekali siswa-siswi di sekolah  sesuai Standar kompetensi Lulusan yang sudah ada karena dengan bedah soal ini kita sudah bisa memprediksi soal-soal mana yang akan keluar saat ujian nanti.

“saya berharap guru yang sudah mengikuti kegiatan bedah SKL ini agar ditindaklanjuti, sehingga dengan adanya bedah SKL ini dapat bermanfaat bagi siswa-siswi yang akan menghadapi UN”,tandas Lailang.

Terkait kenyamanan dalam mengikuti kegiatan bedah SKL, seorang peserta, James Riwu Hegi, S.Pd, M Hum, mengakui jika Ia sangat senang , pasalnya kegiatan bedah SKL sangat bermanfaat bagi para guru dimana mereka saling bertukar strategi untuk membekali para siswa menghadapi UAN, selain itu, lanjut James, kedepan jika masih dilaksanakan kegiatan serupa maka panitia perlu memperhatikan fasilitas pendukung agar dipersiapkan dengan baik.

“faktanya sekarang daya listrik tidak mampu jika semua guru menggunakan laptop untukmengerjakann soal-soal maka akhirnya pakai genzet dan tentunya sangat riskan” tegas James. (Lenzo/tim)

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terkini

To Top