Hukrim

Kasus Dana BSM SMA Sinar Pancasila, ini Jawaban Welly Djami

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

 

Kupang, Metrotimor.com- Untuk menepis semua tuduhan dan kecurigaan publik terkait kasus pemalsuan dokumaen Dana Bantuan Siswa Miskin (BSM) SMA Sinar Pancasila  yang membelit dirinya, Kepala sekolah SMA Sinar Pancasila, Welly M. Dimu Djami, S.Pd, menggelar Jumpa Pers di Aula SMA Sinar Pancasila Kupang, Rabu (4/1/2017) pagi.

Dalam jumpa pers tersebut, Kepsek Welly M. Dimu Djami, S.Pd, mengatakan, saat kasus tersebut bergulir dirinya merasa tidak nyaman karena itu Ia meminta perlindungan hukum ke berbagai pihak, bahkan pada Kamis (28/12/2016) lalu, Ia didampingi ketua Posko Perjuangan Rakyat (Pospera) NTT,  meminta perlindungan kepada Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo, di hotel Aston Kupang.

Keresahan tersebut berawal saat  kasus pencemaran nama baik  yang diadukan oleh Jerfri Riwu Kore (Jeriko), (28/2) yang disangkakan kepada  Welly  M Dimu Djami, S.Pd. Dalam proses persidangan tersangka dinyatakan tidak bersalah melakukan tindak pidana pencemaran nama baik namun tak berhenti disitu, ternyata pada tanggal yang sama (28/2) kepsek Welly juga  diadukan ke Polda NTT atas tuduh tindak pidana penggelapan Dana BSM di SMA Sinar Pancasila  (Pasal 372/378 KUHP)  tetapi  pada proses penyidikan sampai penuntutan pasal yang disangkakan perubah menjadi Pemalsuan surat (263 KUHP).

Terkait dana BSM sebanyak 19 juta atas laporan penggelapan yang akhirnya berubah menjadi pemalsuan surat/ dokumen  yang disangkakan kepadanya, Kepsek Welly mengatakan, Ia sama sekali tidak menggelapkan dana tersebut.  Untuk memperlancar proses pencairan dana yang realisasinya berkenaan dengan hari libur sekolah sehingga siswa tidak berada di tempat, Ia menandatangani dokumen pencairan atas nama kepala sekolah , “ Dana ini harus cair karena kalau tidak dicairkan nantinya akan terbakar, demi menyelamatkan Dana dan anak-anak ini,   maka waktu itu saya meminta untuk Dona Taifa menandatangani surat kuasa mewakili siswa, dan ketika prosesnya di kantor post saya disodori kwitansi yang atas nama anak-anak, dan kwitansi tersebut saya tanda tangani atas nama Kepala Sekolah, Welly D Djami, semua itu saya lakukan untuk menyelamatkan anak-anak, dan juga karena ketika itu diperbolehkan di kantor post, sehingga dana tersebut di cairkan, logikanya, kalau tidak boleh tentu uang tidak bisa cair, saya kan tidak ambil sendiri di brankas”jelas Welly tegas.

Ditempat yang sama, Ketua Pospera NTT, Karunia Meiyanto Lily, mengatakan pihaknya melihat kasus yang disangkakan kepada Welly D. Djami merupakan politisasi politik, “kami melihat kasus ini tidak ada yang dirugikan sebenarnya, bantuan itu dibayar ke sekolah karena siswa belum bayar SPP, ya itu wajar, bantuan diberikan kepada siswa dari negara untuk membiayai sekolahnya, dan itu wajar, lalu siapa yang dirugikan”, tanya Yanto, begitu ketua Pospera akrab disapa.

Lanjut Yanto, Pospera akan memperjuangkan kasus tersebut sampai keadilan benar-benar ditegakan dan tidak akan ada lagi tenaga pendidik yang mengalami nasib seperti Welly Dimu Djami, “ kami sudah melaporkan masalah ini langsung kepada pak Jokowi, dan beliau menyambut baik, kami akan tindak lanjuti dan mengawal proses persidangan agar berjalan sesuai aturan, sampai keadilan ditegakan,  bagi kami tindakan ini tidak boleh terjadi lagi karena sangat berpengaruh pada masa depan anak-nak dan juga guru-guru”, tegas Yanto.

Sementara itu, Kuasa Hukum Welly D. Djami, Rizet Benyamin Rafael, SH. Mengatakan pihaknya akan terus mendampingi klienya sampai memperoleh kepastian hukum, “kami akan mendampingi Ibu Welly agar memperoleh perlakuan hukum yang adil namun kami serahkan sepenuhnya kepada Yang Mulia Hakim, karena Beliau yang memegang Palu Hukum”, Ungkap Beny.

Dalam proses persidangan kasus dugaan pe,alsuan surat/ dokumen, Welly Dimu Djami di dampingi lima (5) orang Kuasa Hukum antara lain 1). DR. Melkianus Ndaomanu, SH. M.Hum, 2). Fredik Djaha, SH. 3). Lifen Rafael, SH. M.Hum, 4). Rizet Benyamin Rafael, SH. 5). Arnold J. F. Sjah, SH. M.Hum. (Nyongky)

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terkini

To Top