Ekbis

Pantai Nusakdale Rote, Surga tersembunyi “Teras Belakang” Pantai Baru

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Rote, MetroTimor.com—Pantai dengan julukan  matahari terbit ini menghadap ke arah timur, dihiasi gelombang samudera Indonesia yang cukup unik untuk berselancar dan hembusan angin benua Kanguru. Pantai Nusakdale Namanya, terletak di Desa Nusakdale, Kecamatan Pantai Baru, Rote Ndao.

Pantai ini kerap terlewatkan oleh wisatawan karena tempatnya yang tersembunyi dibagian terselatan kecamatan Pantai Baru. Minimnya promosi juga mengakibatkat pantai ini belum dikenal banyak orang.

Dibanding pantai lain di Rote seperti Pantai Nembrala dan Bo’a yang sudah cukup tersohor  seantero jagad, Pantai Nusakdale memiliki keindahan alam yang tak kalah menarik.
Dua (2) buah tanjung  berdiri kokoh mengapit  pantai pemilik matahari terbit ini. sebelah utara terdapat  tanjung Ingulangan  dan sebelah selatan berdiri megah  tanjung Niluana.
Sepanjang bibir pantai sekira 2 km dihiasi bentangan  pasir putih dan lambaian ratusan pohon nyiur (kelapa) serta pesona pohon pandan yang rimbun memberi kesejukan dan keteduhan.
Dibelakang pantai ini, tepatnya di sebelah barat terdapat hamparan sawah seluas 80 hektar,kompleks persawahan Ingupapan,sumber penghidupan masyrakat Desa Nusakdale.
Sebuah keunikan yang jarang ditemui ditempat lain yakni mata air ditepi pantai dengan air yang bening dan rasa yang tawar nan segar  menambah eksotika  pantai Nusakdale, mata air Oe Leak namanya.
Untuk mencapai pantai ini, pengunjung akan disuguhi sebuah petualangan baru yang menantang karena jalan menuju pantai ini masih berbatu batu dengan topografi yang cukup terjal, tetapi keindahan Pantai ini akan mengusir segala kelelahan kala berkendara.

Obyek wisata ini bisa ditempuh dari dua (2) arah, yang pertama dari ibukota Kabupaten Rote Ndao sekira 30 Km, dan yang ke-dua, dari ibu kota kecamatan Pantai Baru sekira 15 km.
Terkait pengembangan obyek wisata ini, Kepala Desa Nusakdale, Jondry O. Malelak, berharap pemerintah kabupaten Rote Ndao khususnya Dinas Pariwisata sedapatnya melirik Pantai Nusakdale untuk dikembangkan menjadi Daerah Tujuan Wisata (DTW), “ saya berharap Dinas Pariwisata Jeli untuk melihat pesona Pantai Nusakdale dan dikembangkan menjadi destinasy wisata baru, karena ketika Pantai ini sdh menjadi destinasy wisata, tentu akan bermuara pada peningkatan ekonomi masyarakat “, harap Jodry

Dilanjutkan Jondry, walau pantai tersebut belum dikelola dengan baik tapi sudah mulai dikunjungi wisatawan lokal pada hari-hari libur, “tempat ini sudah mullai dikunjungi walau hanya pada hari-hari libur, saya  berkomitmen tahun depan akan saya alokasikan sejumlah anggarap untuk pengadaan fasilitas seperti bangku-bangku untuk bersantai serta lopo atau payung pantai, untuk memperindah pantai agar dapat merangsang wisatawan berwisata”, ungkap Jondry menutup percakapan.
Pantauan media ini, infrastruktur jalan yang adalah salah satu faktor pendukung kepariwisataan masih merupakan sebuah kendala bagi wisatawan, baik wisatawan mancanegara maupun wisatawan domestik. (Nyongky)

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terkini

To Top