Belu

Lotas Jadi Cahaya

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

MALAKA, METROTIMOR.com— Sebutan Lotas adalah nama sebuah kampung atau wilayah yang  kerap menjadi obyek saling mengklaim  antara pemerintah Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) dan Belu  ( kini Malaka) pada masa lampau. Sebelumnya disebut Lotas Belu, namun setelah Kabupaten Belu dimekar jadi dua kabupaten yakni Kabupaten Malaka, maka kini dikenal dengan Lotas Malaka.

Pasalnya, jaman dulu kala wilayah Lotas ini dihuni oleh warganya tanpa ada penerangan listrik. Wilayah Lotas pun sejak 1966 memiliki satu desa dinamakan desa  Lotas. Dan pada era  kepemimpinan bupati  Belu Drs. Joachim Lopez dimekarkan desa Lotas jadi tiga desa yakni desa Lotas, Muke dan Naiusu, kecamatan Rinhat, Kabupaten Malaka, NTT.

Tahun berganti tahun, bulan, minggu dan hari pun terus silih berganti. Demikian pula, presiden, gubernur, bupati, camat dan kepala desa dari masa ke masa terus diganti, tetapi sayang, kampung tersebut   belum mendapat perhatian serius terkait penerangan listrik justru terisolir   dari jangkauan pembangunan infrastruktur jalan,perumahan dan air bersih.

Tetapi kini kepeminpinan  dr. Stefanus Bria Seran dan Daniel Asa tentu warga Lotas, Muke dan Naiusu  berangsur-angsur merasakan aroma pembangunan jalan dan penerangan listrik. Meski warga separuhnya belum menikmati penerangan listrik karena ekonomi menjadi salah satu hambatan.

“ Memang dulu kami menggunakan lampu sehen tetapi dengan adanya listrik masuk desa ini, kami sudah ganti lampu sehen dengan listrik meteran pintar. Lihat saja, rumah saya ini sudah terang. Dibandingkan dengan zaman dulu, kita gunakan pelita minyak tanah atau lampu pelita dibuat dari buah kemiri. Wah.. sekarang lain. Kita cas HP juga tidak susah lagi,” ujar Blasius Tsu kepada Metrotimor.com melalui selulernya, di Ai Hoin,  Rabu pekan kemarin siang.

Warga lain belum pasang listrik, kata Blasius, karena uang belum ada. Sementara  warga lain yang sudah dapat listrik karena  memiliki Sehen sebelumnya sehingga dipasang gratis.(agustinus bobe)

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
RoteOnline Google Play
RoteOnline Google Play
RoteOnline Google Play
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terkini

To Top